Bacaan Doa Sesudah Sholat Fardhu 5 Waktu Yang Pendek Ringkas Berjamaah Lengkap Beserta Latin Dan Artinya

Seperti telah di ketahui bersama , bahwa sholat yakni salah satu kewajiban yang tidak boleh di tinggalkan oleh semua umat muslim yang mukalaf baik itu bagi yang sedang sehat , sakit , dalam perjalanan selama logika dan pikirannya masih normal di haruskan melaksanakannya. Jika di antara mereka ada yang berani meninggalnya maka dosa yang sangat baginya.

Selain itu sholat juga menjadi nomor ke 2 dari rukun islam setelah syahadat , bahkan termasuk pada tiangnya agama , sehingga kalau tidak di laksanakan berarti merusak agama ini. Terdapat lima waktu sholat fardhu selama sehari semalam yaitu dzuhur , ashar , maghrib , isya dan shubuh. Dari kesemuanya tersebut memiliki jumlah rakaat tujuh belas dengan masing-masing 4 , 4 , 3 , 4 dan 2.

Karena menjadi suatu ibadah yang di wajibkan , selayaknya kalau sesudah selesai melakukan sholat fardhu lima waktu tersebut di akhiri dengan bacaan-bacaan wirid atau dzikir yang di lanjut dengan berdoa ibarat yang sudah di ajarkan semenjak dahulu. bahkan setelah sholat sunnah pun di haruskan juga berdoa ibarat doa shalat tasbih Tidak menutup kemungkinan ada di antara kita yang tidak faham dengan susunan dari lafadz tersebut , sehingga mereka galau apa yang harus di baca , meskipun bersama-sama doa sholat fardhu ini merupakan kumpulan dari bacaan-bacaan yang berisikan permohonan atas kebaikan , ibarat meminta di selamatkan dunia dan darul abadi , di panjangkan umur hingga memohon pengampunan dosa dan khusnul khotimah.

Doa Setelah Sholat Fardhu / Wajib 5 Waktu Lengkap Latin Dan Artinya

Sehingga dalam pelaksanaannya , setiap masing-masingnya cukup beragam bacaannya meskipun maksudnya tidak jauh berbeda ada yang doanya pendek ada pula yang panjang. Di sini kami akan membuatkan sebuah doa sesudah selesai sholat yang mampu di jadikan sebuah acuan , serta sudah umum di bacakan oleh masyarakat islam kebanyakannya , berikut selengkapnya.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ. اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. حَمْدًا يُوَافِىْ نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ. يَارَبَّنَالَكَ الْحَمْدُ وَلَكَ الشُّكْرُ كَمَا يَنْبَغِىْ لِجَلاَلِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ

Bismillahirrohmannirrohim , alhamdulillahi rabbil 'alamiin , hamdan yu waafii nii 'amahu wa yukafi' mazidah , yaa rabbanaa lakalhamdu wa laka syukrukamaa yanbagii lizalaali wajhikal wa'adzimi sulthoonik.

Artinya : Dengan nama Tuhan Yang Maha Pengasih Lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Tuhan Tuhan Semesta Alam. Pujian yang sebanding dengan nikmat-nikmatNya dan menjamin tambahannya. Wahai Tuhan kami , bagi-Mu-lah segala puji , dan bagi-Mu-lah segalah syukur , sebagaimana layak bagi keluhuran zat-Mu dan keagungan kekuasaan-Mu.

اَللهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. صَلاَةً تُنْجِيْنَابِهَا مِنْ جَمِيْعِ اْلاَهْوَالِ وَاْلآفَاتِ. وَتَقْضِىْ لَنَابِهَا جَمِيْعَ الْحَاجَاتِ.وَتُطَهِّرُنَا بِهَا مِنْ جَمِيْعِ السَّيِّئَاتِ. وَتَرْفَعُنَابِهَا عِنْدَكَ اَعْلَى الدَّرَجَاتِ. وَتُبَلِّغُنَا بِهَا اَقْصَى الْغَيَاتِ مِنْ جَمِيْعِ الْخَيْرَاتِ فِى الْحَيَاةِ وَبَعْدَ الْمَمَاتِ اِنَّهُ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَاتِ وَيَاقَاضِىَ الْحَاجَاتِ.

Allahumma shalli wasallim 'alaa syaidina muhammad , wa'alaa 'ali syadina muhammad , sholatan tunjiinaa bihaa min jami'il ahwaali wal afati , wa takh diilanaa jamii'al haajaati , watuttohhirunaa bihaa min jami'is sayyiat , wa tarfa'una a bihaa 'indaka a'alad-darojat , watuballighunna bihaa aqsol ghoyat , min jami'il khoirooti fiil hayaati wa ba'dal mamaat , innahu sami'un qoriibu mujiibu da'wati wayaa qoo diyal haajaati.

Artinya : Wahai Tuhan , limpahkanlah rahmat dan kesejahteraan kepada penghulu kami , Nabi Muhammad dan keluarganya , yaitu rahmat yang dapat menyelamatkan kami dari segala ketakutan dan penyakit , yang dapat memenuhi segala kebutuhan kami , yang dapat mensucikan diri kami dari segala keburukan , yang dapat mengangkat derajat kami ke derajat tertinggi di sisi-Mu , dan dapat memberikan kami kepada tujuan maksimal dari segala kebaikan , baik semasa hidup maupun sesudah mati. Sesunggunya Dia (Allah) Maha Mendengar , Maha Dekat , lagi Maha Memperkenankan segala doa dan permohonan. Wahai Dzat yang Maha Memenuhi segala kebutuhan Hamba-Nya.

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَصِحَّةً فِى الْبَدَنِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ. اَللهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِىْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ.

Allohumma inna nasaluka salaamatan fii diini , waddunya wal aahiroh , wa'afiyatan fil zasadi , wasihatan fil badani , wa jiyaadatan fil 'ilmi , wa barokatan fir-rizki , wa tau batan qoblal janjkematian , wa rohmatan 'indal janjkematian , wa maghfirotan ba'dal janjkematian , allohumma hawwin 'alaina fii syakarotil janjkematian , wa najata mina-naari wal afwa indal hisab.

Artinya : Wahai Allah! Sesungguhnya kami memohon kepadaMu , kesejahteraan dalam agama , dunia dan darul abadi , keafiatan jasad , kesehatan tubuh , suplemen ilmu , keberkahan rezeki , taubat sebelum datang janjkematian , rahmat pada dikala datang janjkematian , dan ampunan setelah datang maut. Wahai Allah! Permudahkanlah kami dalam menghadapi sakaratul janjkematian , (Berilah kami) keselamatan dari api neraka , dan ampunan pada dikala dilaksanakan hisab.


اَللهُمَّ اِنَّا نَعُوْذُبِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْبُخْلِ وَالْهَرَمِ وَعَذَابِ الْقَبْرِ

Allohumma inna na'udzubika mina'azzi wal kasali wal bukhli wal haromi wa'adzabil qobri.

Artinya : Wahai Allah! Sesungguhnya kami berlindung kepadaMu dari sifat lemah , malas , kikir , pikun dan dari azab kubur

اَللهُمَّ اِنَّا نَعُوْذُبِكَ مِنْ عِلْمٍ لاَيَنْفَعُ وَمِنْ قَلْبٍ لاَيَخْشَعُ وَمِنْ نَفْسٍ لاَتَشْبَعُ وَمِنْ دَعْوَةٍ لاَيُسْتَجَابُ لَهَا.

Allohumma inna nudzbika min 'ilmi laa yanfau' wa minal qobli la yahsau' wa minan-nafsi laa tasbau' wamin da'watin laa yustazabu lahaa.

Artinya : Wahai Allah! Sesungguhnya kami berlindung kepadaMu dari ilmu yang tidak bermanfaat , dari hati yang tidak khusyu' , dari jiwa yang tidak kenal puas , dan dari doa yanag tak terkabul.


رَبَّنَااغْفِرْلَنَا ذُنُوْبَنَا وَلِوَالِدِيْنَا وَلِمَشَايِخِنَا وَلِمُعَلِّمِيْنَا وَلِمَنْ لَهُ حَقٌّ عَلَيْنَا وَلِمَنْ اَحَبَّ وَاَحْسَنَ اِلَيْنَا وَلِكَافَّةِ الْمُسْلِمِيْنَ اَجْمَعِيْنَ

Rabbanaagh firlanaa dunuubana wa li wa lidiinna wa limasayyihina wa li mu'alliminaa wa lima lahu haqqo 'alaina wa li man ahabba wa ahsana ilaina walikaffatil muslimiinna azma'iin.

Artinya : Wahai Tuhan Kami , ampunilah dosa-dosa kami , dosa-dosa orang bau tanah kami , para sesepuh kami , para guru kami , orang-orang yang mempunyai hak atas kami , orang-orang yang cinta dan berbuat baik kepada kami , dan seluruh umat islam

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا اِنَّكَ اَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ وَتُبْ عَلَيْنَا اِنَّكَ اَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

Rabbanaa taqobal minna innaka antas-sami'ul 'aliim , wa tub 'alainaa innaka antat-tawaburrohiim.

Artinya : Wahai Tuhan kami , perkenankanlah (permohonan) dari kami , sesungguhnya Engkau Maha Mendengar Lagi Maha Mengetahui. Dan terimalah taubat kami , sesungguhnya Engkau Maha Menerima Taubat lagi Maha Penyayang.

رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbana aatinaa fiddunya khasanah , wa fil aakhiroti khasana waqinaa 'adzab-bannaar

Artinya : Ya Tuhan kami , berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di darul abadi , dan jagalah kami dari siksa api neraka.

وَصَلَّى اللهُ عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Wa shollallohu 'alaa sayyidina muhammad wa'alaa aalihi wa sohbihi wa sallim , wal hamdu lillahi robbil 'aalamiin.

Artinya : Semoga Tuhan memperlihatkan rahmat dan kesejahteraan kepada penghulu kami , Nabi Muhammad , keluarga dan sahabatnya dan segala puji bagi Tuhan , Tuhan Semesta Alam

Nah di karenakan bacaan dari doa sholat fardhu ini akan selalu di amalkan setiap hari maka jangan hingga tidak menghafalnya , jangan hingga termasuk orang-orang yang rugi dengan tidak berdoa sesudah sholat wajib alasannya termasuk pada waktu yang di utamakan. Maka dari itu silahkan bacaan doa sesudah sholat fardhu 5 waktu yang pendek ringkas berjamaah lengkap beserta latin dan artinya , tahajud , dhuha , mp3 , nahdlatul ulama , pdf , muhammadiyah , rumi , unduh dan yang lainnya.

Previous
Next Post »