Hikmah Hukum Keutamaan Qurban Hari Raya Idul Adha Dan Syaratnya

Uhiyyah atau berqurban merupakan salah satu ibadah yang di laksanakan umat muslim setahun sekali yaitu pada tanggal 10 dzulhijjah hari raya idul adha. enyembelih hewan qurban ini termasuk salah satu pembuktian ketaatan seorang hamba terhadap rabnya sebagaimana yang di lakukan ooleh nabi ibrahim beserta anaknya nabi ismail saat di asih ujian , serta menjadi salah satu faslitas dalam mensyiarkan agama allah.

Para ulama telah mengatur semua hal yang bersangkutan dengan qurban ini mulai dari jenis binatangnya , syarat-syarat hewan yang bisa di jadikan untuk qurban serta doa menyembelih qurban , tata cara penyembelihannya hingga cara pembagian dagingnya , semuanya di kupas dengan tuntas termasuk juga hukumnya yang mana menurut jumhur ulama dan imam syafi'i bahwa qurban ini hukum sunat , tidak hingga pada wajib namun yang maksud sunnah di sini termasuk yang di kukuhkan terutama bagi mereka yang bisa melaksanakannya. Adapun jikalau menurut imam bubuk hanifah hukumnya wajib bagi yang mampu.

Banyak sekali hadist dan juga dalil yang memrintahkan untuk melakukan qurban ini menyerupai di antaranya.

عَنِ البَرَاءِ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، قَالَ: قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «مَنْ ذَبَحَ بَعْدَ الصَّلاَةِ تَمَّ نُسُكُهُ، وَأَصَابَ سُنَّةَ المُسْلِمِينَ

Dari Barra’ bin Malik radhiyallahu ‘anhu berkata: Nabi Shallallahu ‘alaihi wa salam bersabda: “Barangsiapa menyembelih hewan kurban setelah shalat Idul Adha , maka sembelihannya telah tepat dan beliau sesuai dengan sunnah kaum muslimin.” (HR. Bukhari no. 5545)

وَالْبُدْنَ جَعَلْنَاهَا لَكُمْ مِنْ شَعَائِرِ اللَّهِ لَكُمْ فِيهَا خَيْرٌ فَاذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ

Dan unta-unta itu Kami jadikan untukmu bab dari syiar agama Yang Mahakuasa , kau banyak memperoleh kebaikan padanya. Maka sebutlah nama Yang Mahakuasa (ketika kau akan menyembelihnya) (QS. Al-Hajj Ayat 36).

Keutamaan Qurban Di Hari Raya Idul adha Dan Hikmahnya

Ketika suatu ibadah begitu di anjurkan untuk di laksanakan maka psti di dalamnya menyimpan kebaikan yang takan ternilai oleh apapun begitu dalam hal ini , keutamaan qurban ini sangat lah istimewa jikalau di banding dengan ibadah lainnya karena bukan hanya menyangkut pada maslah alam abadi saja namun menyangkut juga dengan hal duniawi misalnya menyerupai tumbuhnya sikap solidaritas antar sesama , bisa saling menghargai dan lain sebagainya.

Keutamaan dan Hikmah Qurban

1. Ibadah kurban ialah salah satu ibadah yang paling disukai oleh Allah

2. Berkurban ialah sebagian dari syiar agama Islam

3. Berkurban ialah ibadah yang paling utama

4. Mengenang ujian kecintaan dari Yang Mahakuasa kepada Nabi Ibrahim

5. Kebaikan dari setiap helai bulu hewan kurban

6. Berkurban ialah ciri keislaman seseorang

7. Berkurban membawa misi kepedulian pada sesama , menggembirakan kaum dhuafa

8. Qurban Ibadah Madhah sekaligus Ghairu Madhah

مَا عَمِلَ آدَمِىٌّ مِنْ عَمَلٍ يَوْمَ النَّحْرِ أَحَبَّ إِلَى اللَّهِ مِنْ إِهْرَاقِ الدَّمِ إِنَّهَا لَتَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ بِقُرُونِهَا وَأَشْعَارِهَا وَأَظْلاَفِهَا وَإِنَّ الدَّمَ لَيَقَعُ مِنَ اللَّهِ بِمَكَانٍ قَبْلَ أَنْ يَقَعَ مِنَ الأَرْضِ فَطِيبُوا بِهَا نَفْسًا

Tidak ada amalan yang diperbuat insan pada hari raya qurban yang lebih dicintai oleh Yang Mahakuasa selain menyembelih hewan. Sesungguhnya hewan qurban itu kelak pada hari selesai zaman akan datang beserta tanduk-tanduknya , bulu-bulu dan kuku-kukunya. Sesungguhnya sebelum darah qurban itu mengalir ke tanah , pahalanya telah diterima di sisi Allah. Maka tenangkanlah jiwa dengan berqurban. (HR. Tirmidzi)

Maka dengan begitu jangan sekali-kali kita menyia-nyiakan kesempatan yang datangnya hanya satu kali setahun ini terutama bagi yang sudah bisa menunaikannya baik itu dengan sapi , kambing , unta dan yang lainnya. Jika berbicara problem qurban tentunya kitapun harus tahu bagai mana bacaan hukum keutamaan qurban serta hal-hal lainnya. Yang mana hal tersebut telah kami sajikan pada halaman lainnya secara lengkap.

Previous
Next Post »