Latest News

Manfaat Dan Hikmah Puasa Di Bulan Suci Ramadhan

Manfaat Dan Hikmah Puasa Di Bulan Suci Ramadhan - Bulan suci ramadhan merupakan salah satu bulan yang memiliki aneka macam keistimewaan serta keutamaan di dalamnya , yang mana termasuk juga salah satu dikala yang sangat di agungkan dalam agama islam , alasannya setiap acara serta hal-hal yang baik di berikan pahala dengan berlipat ganda , yang mana hal menyerupai ini tidak terjadi di bulan yang lainnya.

Maka dari itu tidak heran kalau seluruh umat muslim di dunia menyambut kedatangan bulan ini dengan rasa kegembiraan , rasa suka cita mereka luapkan dengan aneka macam cara , terutama dengan memperbanyak amalan-amalan yang telah di sunnahkan menyerupai halnya dengan membaca alquran , shalat sunnah , berdzikir serta acara keislaman lainnya. Hal ini selain sebagai tanda dari ke gembiraan mereka dalam menyambut bulan ramadhan ini tetapi juga merupakan bukti dari antusiasnya mereka dalam berlomba-lomba untuk menerima pahala yang lebih banyak sebagai bekal di alam abadi nanti.

Tetapi di balik keistimewaan bulan ramadhan ini , ternyata menyimpan aneka macam pesan tersirat dan manfaat yang begitu besar , terutama untuk kelanjutan hidup insan , baik itu dari sisi kehidupan bermasyarakat antar sesama sampai untuk diri pribadi sendiri , yang mana hal ini jarang sekali di sadari oleh kebanyakan umat muslim dikala ini.

Manfaat Dan Hikmah Puasa Di Bulan Suci Ramadhan

Puasa ini , bukan hanya bisa membuat seseorang lebih erat kepada tuhannya tetapi juga akan bisa menghasilkan keseimbangan hidung seserang , terutama antara satu dengan yang lainnya , menyerupai kita rasakan pada bulan suci ramadhan ini , rasa toleransi setiap orang akan semakin terlihat menyerupai halnya mereka akan suka rela mengembangkan , saling membantu , saling memberi serta yang lainnya. Dan hal ini bisa di amalkan di hari-hari lainnya. Namun untuk menerima dari pesan tersirat ini , kita pun harus benar-benar dalam melaksanakan puasanya baik dari menahan hal-hal yang membatalkan puasa hinga sampai melaksanakan syarat sah dan rukun puasa serta yang lainnya.

1. Melatih Diri Untuk Bersyukur

Pada bulan suci ramadhan segala nikmat yang telah di berikan oleh allah swt akan lebih terasa , Bisa di cermati sendiri dengan baik , meskipun bekerja sama menyerupai hari biasanya misalnya berdagang dan yang lainnya , namun hasilnya lebih berlimpah di banding bulan-bulan biasanya dan hal ini pasti di rasakan oleh setiap orang , Bahkan makanan dan minuman pun akan lebih banyak serta mudah di dapatkan , sehingga dengan begitu , ke agungan allah swt pun akan setiap orang rasakan , sehingga akan tumbuh rasa syukur dalam diri setiap orang dan rasa syukur ini mesti kita pupuk sampai terbawa pada bulan-bulan lainnya.

2. Berlatih Lebih Sabar Dan Tabah

Pada bulan mulia ramadhan ini , tanpa di sadari kita ini sedang di latih dengan kesabaran dari aneka macam hal , terutama dari yang biasanya kita melaksanakan sesuatu dengan bebas pada bulan ini dilarang dengan keras , misal makan , minum , bermain cuma-cuma , sampai di latih tabah dalam mengontol hawa nafsu dari segala hal.

3. Melatih Hidup Dengan Ke Sederhanaan

Pada bulan ramadhan tidak ada si kaya dan si miskin , tidak ada oorang remaja dan muda , semuanya sama terkena perintah untuk bepuasa dari segala , dan semuanya sama dari terbit fajar sampai terbenam matahari.

4. Melatih Berhati-hati Dalam Berbuat

Puasa ramadhan ini bukan saja di haruskan untuk menahan dari rasa dahaga juga lapar seharian selama sebulan penuh , tetapi juga di perintah untuk lebih berhati-hati terhadap hal-hal yang di haramkan , menyerupai halnya menjaga pandangan dari maksiat , indera pendengaran dari bunyi yang tidak bermanfaat menyerupai mendengarkan musik , dan yang lainnya , kalau hal ini bisa di biasakan serta terbawa pada hari selain bulan ramadhan maka akan menumbuhkan sifat yang dan positiv.

5. Setiap Kegiatan Mulia Menjadi Ibadah

Dalam puasa ramadhan ini segala hal yang bersipat baik dan adil di ganjar sebagai ibadah yang berlipat ganda pahalanya , ketika mata di perlihatkan pada hal baik maka di tulis dengan pahala yang besar , lisan di pakai untuk membaca al-quran , indera pendengaran di dengarkan pada keislaman , sampai kaki ini di di langkahkan untuk di jalankan ke mesjid , maka hal tersebut akan di lipat gandakan pahalanya.

6. Tahu Bahwa Ibadah Memiliki Tujuan

Puasa ini selain bertujuan untuk menerima kebaikan serta mendekatkan diri kepada allah swt , tetapi juga bertujuan untuk senantiasa selalu melatih dari menghindarkan diri dari hal-hal berdosa , yang mana bertujuan di hari yang lainnya kita terbiasa dengan hal ini.

7. Menumbuhkan Sifat Peduli Terhadap Sesama

Seperti kita tahu , mempererat tali persaudaraan dalam islam itu di perintahkan , pada bulan ramadhan ini semua itu akan terlihat dan terasa menyerupai halnya banyak yang menunjukkan makanan takjil ketika berbuka , adanya saling mengunjungi dengan kata lain saling bersilaturahmi sampai saling memaafkan di akhirnya.

8. Mempererat Silaturahmi

Di bulan ramadhan ini sikap dan rasa silaturahmi akan terlihat lebih terasa , hal ini bisa di lihat dari banyaknya antar sanak saudara yang berbondong-bondong saling mengunjungi , bahkan hampir semua umat muslim rela datang meskipun dengan jarak yang sangat jauh , hanya untuk bisa bersilaturahmi dengan keluarga dan tetangganya.

9. Melatih Disiplin Waktu

Kedisiplinan pada waktu pada bulan ini akan lebih terjaga , alasannya kalau tidak begitu maka kemungkinan puasa di siang harinya akan terasa lelah dan cape , maka pada bulan ini semua orang teratur dalam segala hal mulai dari makan yang teratur , tidur , bangkit tidur sampai bekerja yang teratur. maka secara tidak pribadi hal ini merupakan dari pembelajaran kedisiplinan hidup.

10. Tumbuhnya Keseimbangan Dalam Hidup

Tanpa di sadari , kebanyakan umat muslim sekarang ini lebih mementingkan hal duniawi , serta melajur hawa nafsunya , sampai waktu ibadahpun kalah dengan bekerja. Maka pada bulan ini umat muslim di kembalikan pada hakikatnya ialah semoga lebih seimbangnya dalam mengatur kehidupan , terutama antara ibadah atau mengabdi kepada allah dengan bekerja.

Sebenarnya selain hal-hal yang di atas , masih banyak lagi manfaat dan hikmah puasa ramadhan tersebut , yang mana kesemuanya tersebut akan menumbuhkan kebaikan buat kehidupan umat muslim di hari-hari lainnya.

0 Response to "Manfaat Dan Hikmah Puasa Di Bulan Suci Ramadhan"