Niat Puasa Syawal 6 Enam Hari Yang Benar Dalam Bahasa Arab

Niat Puasa Syawal 6 Enam Hari Yang Benar Dalam Bahasa Arab - Syawal yakni salah satu bulan hijriah yang berada setelah ramadhan , yang mana pada bulan ini terdapat salah satu amalan sunnah yang memiliki keutamaan serta pahala yang luar biasa yaitu puasa sunnah di bulan syawal.

Mungkin bagi sebagian umat muslim merasa berat untuk melaksanakannya alasannya sebelumnya telah melaksanakan puasa sebulan penuh , tetapi kalau seandainya puasa ini di tinggalkan maka sangat di sayangkan , alasannya memiliki fadilah yang sangat besar yaitu pahalanya di ibaratkan melaksanakan puasa selama setahun , oleh alasannya itu jangan hingga di antara kalian ada yang menyia-nyiakan ke sempatan yang istimewa ini.

Lalu kapan puasa syawal ini di laksanakan? Sama mirip puasa sunnah lainnya misalnya puasa senin kamis dan arafah , waktu puasa syawalpun di tentukan yaitu 6 hari mulai dari tanggal 2 ,3 ,4 ,5 ,6 hingga tanggal tujuh , namun kalau tidak sempat pada waktu tersebut mampu di lakukan di enam hari lainnya asalkan masih berada pada bulan syawal.

Niat Puasa Syawal 6 Enam Hari Yang Benar Dalam Bahasa Arab

Dalam puasa sunnah syawal ini tidak jauh berbeda dengan yang lainnya baik dalam tata cara atau hal-hal yang membatalkannya , namun salah satu yang paling penting yakni niat , yang mana bacaan doa niat puasa syawal ini berbeda dengan lainnya misalnya dengan niat puasa qadha , untuk bacaannya sendiri mampu pribadi di simak di bawah ini.

Niat Puasa 6 Enam Hari Di Bulan Syawal

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ ِستَةٍ ِمنْ شَوَالٍ سُنَةً ِللَه تَعَالَي

Nawaitu shauma ghodin 'ansittatin min syawaali lillaahi ta'aala

Artinya : Saya niat berpuasa sunnah enam hari di bulan Syawal alasannya Yang Mahakuasa ta'aala

Di antara hadist yang menunjukan keutamaan puasa syawwal ini yaitu sebagai mana yang di riwayatkan oleh muslim :

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ

Artinya : “Barangsiapa yang berpuasa Ramadhan kemudian di lanjutkan enam hari di bulan Syawal , maka ia berpuasa mirip setahun penuh.”

Melihat dari begitu istimewanya puasa ini , alangkah baiknya kalau melaksanakannya , alasannya puasa ini hanya terdapat satu tahun sekali , maka sangat sayang kalau di tinggalkan begitu saja.

Itulah wacana niat puasa syawal lengkap sedikit pembahasannya , mudah-mudahan mampu menjadi motivasi yang baik untuk kita semua , yang paling utama yakni agar mampu bermanfaat terutama bagi yang lupa dengan bacaannya.

Previous
Next Post »