Sejarah Amalan Doa Rebo Wekasan Rabu Terakhir Bulan Safar Tahun 2017

Amalan Doa Rebo Wekasan Rabu Terakhir Bulan Safar - Rebo wekasan atau dalam bahsa jawa di sebut dengan rabu kasan yakni sebuah acara ritual yang rutin di lakukan tiap tahun pada hari rabu terakhir di bulan safar , berisikan amalan-amalan doa , berdzikir , shalat sunnah , memperbanyak bacaan al-quran menyerupai surat yasin dan lain sebagainya.

Di dalam agama islam tidak satupun terdapat bulan sial , atau tidak baik , bahkan rosul sendiri yang menjelaskan wacana hal ini. Baik atau buruk nya sebuah waktu tergantung kita sendiri yang menjalani , kalau di jadikan untuk beibadah dan taan kepada allah maka akan menjadi baik dan apabila di jadikan untuk maksiat maka keburukan akan datang , begitu logikanya.

Tetapi keluar dari itu , tidak dapat di pungkiri bahwa ada satu dikala di mana allah swt menurunkan bala ke muka bumi ini dengan beribu-ribu banyaknya yaitu di bulan safar. Menurut andal ma'rifat , andal kasyaf dan tamkin menuturkan bahwa di hari rabu terakhir pada bulan safar di turunkan 320 balai (cobaan) , sehingga ba’dhushshalihin menuturkan juga bahwa hari tersebut termasuk hari naas yang terus menerus.

Pendapat di atas , tidak mengambarkan bahwa bulan safar bulan naas , melainkan dikala di turunkannya cobaan , adapun anggapan-anggapan yang beredar di masyarakat sekarang ini yaitu mereka meyakini bahwa safar ini bulan tidak baik , bukan waktu sempurna untuk pernikahaan dan bukan pula untuk acara-acara hajat lainnya. Padahal pendapat di atas tidak ada sangkut pautnya dengan hal tersebut.

Amalan Doa Rebo Wekasan Rabu Terakhir Bulan Safar

Ketika bulan rajab datang , sebaiknya kita sebagai umat islam menyambutnya dengan baik , terutama memperbanyak amalan di hari rabu terakhirnya dengan impian terhindar dari cobaan tersebut , kerena peran insan hanyalah berusaha. Adapun amalan-amalan yang mampu di kerjakan di antaranya.

Amalan Di Rebo Wekasan Hari Rabu Terakhir Bulan Safar

1. Memperbanyak sedekah (menyantuni fakir miskin dan anak yatim)

2. Membaca Surat Yasin dan pada ayat (salaamun qaulan min robbin rahiim) diulang 313 kali.

3. Melakukan Shalat sunnah 4 rakaat , ada juga yang mengatakan 6 rakaat dengan masing-masing surat yang di baca setelah fatihah yaitu Surat Innaa A’thainaakal Kautsar (Al-Kautsar) 17 kali , Al-Ikhlash 5 kali , Al Falaq dan Annaas masing-masing satu kali.

4. Memperbanyak bacaan shalawat , istighfar dan bacaan dzikir lainnya

5. Berdoa.

Amalan sholat sunnah sebaiknya di lakukan di sepertiga malam rabu wekasan tersebut , yang mana sebelumnya di awali dengan shalat lainnya , misalnya tahajud , kemudian sunnah hajat , selanjutnya shalat yang di sebutkan di atas Kemudian berdoa (untuk doa nya lihat di bawah). Setelah selesai mampu di lanjut dengan membaca yasin , atau surat yasin ini mampu juga di lakukan setelah shalat subuh (sebaiknya di berjamaahkan). Sedangkan berzakat mampu di lakukan hari sebelumnya atau di pagi harinya.

Doa Malam Rabu Wekasan Hari Rabu Terakhir Bulan Safar

بِسْــمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ
وَصَلَّى اللهُ تَعَالَى عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

وَصَلَّى اللهُ تَعَالَى عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ،
اَللّـٰـهُمَّ يَا شَدِيْدَ الْقُوٰى ، وَيَا شَدِيْدَ الْمِحَالِ ، يَا عَزِيْزُ ، يَا مَنْ ذَلَّتْ لِعِزَّتِكَ جَمِيْعُ خَلْقِكَ ، اِكْفِـنِيْ مِنْ شَرِّ جَمِيْعِ خَلْقِكَ ، يَا مُحْسِنُ ، يَا مُجَمِّلُ ، يَا مُتَفَضِّلُ ، يَا مُنْعِمُ ، يَا مُتَكَرِّمُ، يَا مَنْ لآَ إِلٰـهَ إِلاَّ أَنْتَ ، اِرْحَمْنِيْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

اَللّـٰـهُمَّ بِسِرِّ الْحَسَنِ وَأَخِيْهِ وَجَدِّهِ وَأَبِـيْهِ وَأُمِّـهِ وَبَنِيْـهِ اِكْفِـنِيْ شَرَّ هٰذَا الْيَوْمِ وَمَا يَنْزِلُ فِيْهِ . يَا كَافِيْ (فَسَـيَكْفِيْـكَهُمُ اللهُ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ) ، وَحَسْبُنَا اللهُ وَنِعْمَ الْوَكِيْلُ ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ
وَصَلَّى اللهُ تَعَالَى عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آٰلِـهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Bismillahirrahmaanirrahim
Wa shalalaahu ta'aalaa 'alaa sayyidinaa muhammadin wa 'alaa aalihii wa shahbihii wasallam
allohumma yaa syadiidal quwwa wa yaa syadiidal mihal wa yaa 'aziiz dzallat li'izzatika jamii'u khalqika ikfinii min jamii'i khalqika yaa muhsinu yaa mujammilu yaa mutafadllilu yaa mun'imu yaa mukrimu yaa man laa ilaaha illaa anta birahmatika yaa arhamarraahimiin. Allahumma bisirril hasan wa akhihi wa jaddihii wa abiihi ikfinii syarra haadzal yaumi wamaa yanzilu fiihi ya kaafi (fasayakfiikahumullaahu wahuwassamii'ul 'aliim) wa hasbunallohu wa ni'mal wakil walaa haula walaa quwwata illaa billahil 'aliyyil 'adzhiiim. Washallallahu 'alaa sayyidinaa muhammadin wa 'alaa aalihi washahbihi wa sallam.

Artinya : Dengan menyebut asma Tuhan Yang maha Pengasih lagi Maha Penyayang
Semoga Tuhan Ta’ala senantiasa melimpahkan salawat dan salam atas junjungan kita Nabi Muhammad dan atas keluarga serta para sobat beliau. Ya Tuhan Wahai Yang Maha Kuat kekuatan-Nya , wahai Yang sangat rekadaya-Nya , wahai Yang Maha Perkasa yang mana kepada keperkasaan-Mu tunduklah segala makhluk , cukupkanlah saya dari segala makhluk-Mu , wahai Yang Maha Baik , wahai Yang Maha Memperindah , wahai Yang Maha Memberi karunia , wahai Yang Maha Memberi nikmat , wahai Yang Maha Memulyakan , wahai Yang tiada Tuhan selain Engkau , kasihilah saya dengan rahmat-Mu wahai Yang Maha Penyayang di antara para penyayang. Ya Tuhan , dengan diam-diam yang ada pada sayyid Hasan , saudaranya (Sayyid Husein) , kakeknya (Nabi Muhammad shallallaahu ‘Alaihi wasallam) , ayahnya (sayyidina Ali) ,ibunya (Sayyidah Fathimah) , serta keturunannya , jauhkanlah hamba dari keburukan hari ini dan keburukan yang turun di dalamnya , wahai Dzat Yang mencukupi ( Tuhan akan mencukupi kau sekalian dan Tuhan Maha mengetahui lagi Maha mendengar).
Dia yakni sebaik-baik Dzat Yang mencukupi dan menguasai , tiada daya dan kekuatan selain hanya dari Tuhan yang maha Agung dan maha Luhur. Dan agar Tuhan mencurahkan rahmat-Nya kepada baginda Nabi Muhammad . Beserta keluarga dan para sahabatnya.


Selain melakukan amalan amalan doa di atas , yang terakhir jangan lupa menulis ayat-ayat di bawah ini dan kemudian di lebur atau di cuci dengan air , lalu airnya di munum.

سلام قولا من رب رحيم. سلام على نوح في العالمين. سلام على إبراهيم. سلام على موسى وهارون. سلام على إلياسين. سلام عليكم طبتم فادخلوها خالدين. من كل أمر سلام هي حتى مطلع الفجر

Pembahasan yang bekerjasama dengan doa rebo wekasan , rebu kasan atau rebo pungkasan di hari rabu terakhir bulan safar mudah-mudahan goresan pena ini bermanfaat , serta membantu orang-orang yang sedang mencari hal yang bekerjasama dengan ini dan lain sebagaina , silahkan hafal dan amalkan pada waktunya , agar bermanfaat.

Previous
Next Post »