Latest News

Syarat Sah Dan Rukun Puasa Wajib Ramadhan

Syarat Sah Dan Rukun Puasa Wajib Ramadhan - Aturan-aturan ibadah dalam agama islam di atur dan di tata secara baik biar umat yang melaksanakan mencapai kesempurnaan baik itu ibadah yang di sunnah kan atau yang di waibkan. Apabila seseorang tidak mengetahui bahkan hingga tidak melaksanakan aturan tersebut angan harap mampu mencapai ibadah yang sah ibarat pada puasa.

Ketika sesorang sedang melaksanakan atau akan melaksanakan puasa berbagai perkara yang mesti di perhatikan serta hal yang mesti di ketahui baik itu dari bagiah yang di larangnya atau yang di sunnahkannya hingga mesti mengetahui serta melaksanakan syarat serta rukun puasa tersebut , karena kedua perkara ini termasuk sesatu yang akan menentukan sah atau tidaknya ibadah puasa kita nanti.

Oleh karena itu mengetahui serta memahami apa yang termasuk syarat sah wajib menunaikan puasa serta rukun-rukun puasa tersebut menjadi kewajiban bagi rang yang akan melaksanakan puasa , karena mampu di pastikan kalau tidak mengetahui kesemuanya maka tidak akan tepat bahkan tidak sah puasanya , sehingga akan menjadi percuma menahan lapar dan dahaga kita selama seharian penuh , sebagai mana dalam sebuah hadist di sebutkan :

Syarat Sah Dan Rukun Puasa Wajib Ramadhan

“Betapa banyak orang yang berpuasa namun beliau tidak menerima dari puasanya tersebut kecuali rasa lapar dan dahaga.” (HR. Ath Thobroni)

Maka dari itu silahkan kalian untuk menyimak apa saja dari syarat puasa yang mesti di jalankan di bulan ramadhan nanti.

Syarat Wajib Puasa

1. Islam
2. Berakal
3. Sudah baligh
4. Mengetahui akan wajibnya puasa

Syarat Wajibnya Penunaian Puasa

1. Sehat , tidak dalam keadaan sakit
2. Menetap , tidak dalam keadaan bersafar/perjalanan jauh
3. Tidak dalam keadaan haid dan nifas

Syarat Sahnya Puasa

1. Dalam keadaan suci dari haidh dan nifas
2. Berniat puasa sebelum datangnya waktu puasa adalah sebelum waktu fajar datang

Rukun Puasa

Yang di maksud dengan rukun puasa di sini adalah Segala perkara yang harus di kerjakan selama berpuasa adalah dari mulai terbitnya fajar sidiq hingga terbenamnya matahari adalah maghrib. Menurut kesepekatan para ulama yang di maksud dengan rukun puasa adalah menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa ibarat makan dan minum. berjima di waktu siang serta yang lainnya , dan rukun ini mesti di kerjakan oleh setiap orang yang sedang berpuasa.

0 Response to "Syarat Sah Dan Rukun Puasa Wajib Ramadhan"