Latest News

Tata Cara Pelaksanaan Shalat Idul Fitri Dan Bacaan Niat-nya Sesuai Sunnah Lengkap

Tata Cara Pelaksanaan Shalat Idul Fitri Dan Bacaan Niat-nya Sesuai Sunnah Lengkap - Sholat idul fitri atau ied ialah salah satu shalat yang di laksanakan ketika hari raya lebaran idul fitri yaitu tanggal 1 syawal atau final puasa ramadhan , yang di lakukan ketika sudah terbitnya matahari pagi kira-kira pukul enam sampai tujuh.

Shalat ini merupakan yang harus di laksanakan oleh seluruh umat muslim karena memiliki tingkatan hukum sebagai sunat mu'akad yaitu jenis sunnah yang di anjurkan , meski dalam hal hukum ini berberapa ulama berbeda pendapat ada yang menyatakan sebagai fardlu ain dan fardlu kifayah karena rosululloh saw tidak pernah meninggalkan shalat idul fitri ini.

Dalam tata cara pelaksanaan shalat ied idul fitri ini berbeda dengan shalat pada umumnya terutama dari sisi niat serta khutbah yang di lakukan setelah selesai shalat juga adanya takhbir setelah takhbirotul ikhram dan setelah bangun rakaat kedua , namun dalam bacaannya dan gerakannya tidak begitu berbeda yaitu di awali dengan takhbirotul ikhram dan di akhiri salam.

Tata Cara Pelaksanaan Shalat Idul Fitri Dan Niatnya Sesuai Sunnah Lengkap

Sementara untuk jumlah rakaat pada shalat idul fitri ini yaitu sebanyak dua rakaat sama halnya dengan shalat idul adha , yang mana harus di kerjakan secara berjamaah di mesjid atau di lapangan atau di kawasan terbuka yang memungkinkan bisa menampung orang banyak. Selain itu sebelum berangkat shalat ied alangkah baiknya jikalau melaksanakan mandi besar dulu , makan , serta memakai pakaian bersih

Tata Cara Shalat Idul Fitri

1. Niat shalat ied idul fitri

Untuk Makmum :

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli sunnata 'iidhil fithri rokataini mustakhbilal qiblati ma'muman lillahi ta'aala

Artinya : Saya niat sholat sunnah idul fitri dua raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Tuhan Ta'ala

Untuk Imam :

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli sunnata 'iidhil fithri rokataini mustakhbilal qiblati imaaman lillahi ta'aala

Artinya : Saya niat sholat sunnah idul fitri dua raka'at menghadap kiblat sebagai imam karena Tuhan Ta'ala

2. Takhbirotul ikhram sebagaimana pada shalat lainnya

3. Setelah takhbirotul ikhram di lanjut dengan melaksanakan takhbir lagi sebanyak 7 kali dan di antara takhbir tersebut membaca doa yaitu :

سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاَللَّهُ أَكْبَرُ . اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَارْحَمْنِي

Subhanallah wal hamdulillah wa laa ilaha illallah wallahu akhbar , allahummaghfirli war hamni

Artinya : Maha suci Tuhan , segala kebanggaan bagi-Nya , tidak ada sesembahan yang benar untuk disembah selain Allah. Ya Tuhan , ampunilah gue dan rahmatilah aku.

4. Di lanjut dengan membaca fatihah dan salah satu surat dari al-quran , namun lebih di anjurkan untuk membaca surat qaaf untuk rakaat pertama dan rakaat kedua surat Al Qomar jikalau bisa maka atau Al A’laa dan surat Al Ghosiyah jikalau belum faham bisa di ganti dengan yang lainnya.

5. Setelah itu kemudian melaksanakan ruku , sujud dan i'itidal ibarat shalat pada umumnya.

6. Berdiri untuk melaksanakan rakaat kedua sambil takhbir

7. Takhbir sebanyak 5 kali yang diselangi dengan bacaan ibarat di atas pada rakaat pertama

8. Di lanjukan ibarat halnya yang pertama sampai salam.

9. Setelah selesai shalat di lanjut khubah idul fitri yang di lakukan oleh imam dan makmum hanya di tugaskan untuk mendengarkan ibarat halnya pada shalat jumat dan idul adha. Untuk isi khutbah ini sebaiknya yang bekerjasama dengan nasihat puasa , zakat fitrah dan sedekah atau menyantuni fakir miskin.

Nah itulah Pembahasan perihal panduan cara shalat idul fitri beserta bacaan dan yang lainnya , mudah-mudahan bisamenjadi sebuah pengetahuan terutama bagi yang lupa bagaimana cera melaksanakannya. Hal yang paling utama agar bermanfaat bagi kita semua.

0 Response to "Tata Cara Pelaksanaan Shalat Idul Fitri Dan Bacaan Niat-nya Sesuai Sunnah Lengkap"