Tata Cara Pelaksanaan Shalat Istikharah Memohon Petunjuk Jodoh

Tata Cara Pelaksanaan Shalat Istikharah Memohon Petunjuk Jodoh - Istikharah ialah sebuah sholat sunnah yang harus di lakukan oleh semua umat islam ketika di hadapkan dengan banyak pilihan yang masih di ragukan , Istikharah ini di anjurkan oleh rosululloh saw biar senantiasa umatnya berada dalam kebaikan tidak terbawa oleh hawa nafsunya , karena tidak sedikit orang yang lupa diri ketika di hadapkan dengan kesulitan.

Hal ini biasanya terjadi kepada mereka yang ingin menentukan seorang jodoh atau pekerjaan , meski pada dasarnya shalat ini bukan hanya untuk hal itu saja tetapi meliputi segala permasalahan yang terjadi pada kehidupan setiap orang , baik itu yang bersipat pribadi atau hal-hal yang menyangkut urusan umum.

Adapun mengenai waktu melaksanakan shalat istikharah , boleh di lakukan kapan saja asal jangan pada waktu-waktu yang di haramkan untuk shalat , tetapi dalam hal ini menurut pendapat yang lebih utama waktu afdhal shalat istikharah alangkah baiknya di lakukan pada pertengahan malam , karena selain sangat baik untuk di jadikan ibadah tetapi juga pada pertengahan malam suasananya sangat hening sehingga kemungkinan ibadah kita pun akan lebih khusu dan koonsentrasi.

Tata Cara Pelaksanaan Shalat Istikharah Memohon Petunjuk

Sedangkan mengenai untuk cara shalat istikharah sesuai sunnah dan tuntunan rosululloh saw baik untuk memilih jodoh atau lainnya yang lengkap dengan bacaannya sama halnya menyerupai shalat pada umumnya , baik itu dalam geraka atau bacaannya , yang menjadi perbedaan hanya terletak pada niatnya saja. Sedangkan untuk bilangan rakaat pada shalat ini hanya di lakukan dua rakaat satu kali salam.

Tata Cara Shalat Istikharah

1. Niat Shalat Istikharah

أُصَلِّي سُنَّةَ اْلإِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْن لِلَّهِ تَعَال

Ushalli sunnatal istikhaarati rak’ataini lillaahi ta’aalaa’. Allahu Akbar.

Artinya : Saya berniat shalat sunnat Istikharah dua rakaat karena Yang Mahakuasa Ta’ala.

2. Takhbirotul ikhram yaitu mengangkat kedua tangan sambil membaca "Allohuakhbar" nah ketika ekspresi memmbaca lafadz tersebut maka di dalam hati menghadirkan niat , karena niat ini tempatnya di dalam hati sedangkan mengucapkan niat sebelum takhbirotul ikhram hukumnya ialah sunnah.

3. Membaca surat fatihah

4. membaca salah satu surat dari alquran boleh membaca surat apa saja yang kalian bisa , tetapi lebih di anjurkan pada rakaat pertama setelah fatihah membaca surat al-kafirun dan pada rakaatkedua surat al-ikhlas ,

5. Selanjutnya sama menyerupai halnya shalat yang lainnya yang mana di akhiri dengan bacaan tahiyat dan salam.

Nah setelah selesai melaksanakan shalat istikharah tersebut jangan dulu pergi dari daerah shalat tetapi di teruskan dengan berdoa memohn petunjuk terhadap allah swt , juga alangkah baiknya bila telah selesai eksklusif tidur. Perlu di ketahui shalat istikharah ini tidak cukup di kerjakan hanya satu kali tetapi lebih baik di laksanakan sampai tujuh kali yang mana satu kali satu malam. Adapun untuk doanya silahkan pelajari di bawah ini.

Doa Setelah Shalat Istikharah

وَيَسِّرْهُ لِىْ ثُمَّ بَارِكْ لِىْ فِيْهِ وَاِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هذَااْلاَمْرَشَرٌّلِّىْ فِىْ دِيْنِىْ وَمَعَاشِىْ وَعَاقِبَةِ اَمْرِىْ وَعَاجِلِهِ وَآجِلِهِ فَاصْرِفْهُ عَنِّىْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْلِى الْخَيْرَحَيْثُ كَانَ ثُمَّ رَضِّنِىْ بِهِ.

Allohumma inni astakhiiruka bi'ilmika wa astaqdiruka biqudritika wa as aluka min fadhlika 'adzhiimi. Fainnaka taqdiru walaa aqdiru walaa a'lamu wa anta al-laamulghuyuubi. Alloohumma inkunta ta'lamu anna haadzal amro khoirun lii fii diinii wama'aasyii faqdurhu lii wa yassrhu lii tsumma baariklii fiihi wa inkunta ta'lamu anna haadzal amro syarrun lii fii diinii wa ma'aasyi wa'aaqibati amrii wa aajilihi fashrifhu 'anni washrifnii 'anhu waqdurlil khiro haitsu kaana tsumma rodh-dhinii bihi.

Artinya : Wahai Yang Mahakuasa , sebenarnya gua mohon pilihan olehMu dengan ilmu-Mu , dan mohon kepastian-Mu dengan kekuasaan-Mu , serta mohon kepada-Mu dari anugerah-Mu Yang Maha Agung , karena Engkaulah Dzat yang berkuasa , sedang gua tiada kuasa , dan Engkaulah Dzat Yang Maha Mengetahui , sedang gua tiada mengetahui , dan Engkaulah Dzat yang mengetahui yang ghoib. Wahai Yang Mahakuasa , bila adanya , Engkau ketahui bahwa urusan ini (...) ialah baik bagiku , untuk duniaku , akhiratku , penghidupanku , dan akhir urusanku untuk masa sekarang maupun besoknya , maka kuasakanlah bagiku dan permudahkanlah untukku , kemudian berkahilah dalam urusan itu bagiku. Namun jikalau adanya , Engkau ketahui bahwa urusan itu (...) menjadi buruk bagiku , untuk duniaku , akhiratku , penghidupanku , dan kesudahannya persoalanku pada masa sekarang maupun besoknya , maka hindarkanlah gua dari padanya , lalu tetapkanlah bagiku kepada kebaikan , bagaimanapun adanya kemudian ridhoilah gua dengan kebaikan itu.

Nah itulah pembahasan kali ini wacana tata cara shalat istikharah lengkap bacaannya , selain itu silahkan pelajari juga cara sholat hajat mudah-mudahan semua pembahasan ini bermanfaat bagi kita semua serta bisa mengamalkannya setiap dikala karena sebaik-baiknya ilmu ialah yang selalu di manfaatkan.

Previous
Next Post »