Latest News

Tata Cara Shalat Idul Adha Dan Bacaannya Lengkap

Tata Cara Shalat Idul Adha Dan Bacaannya Lengkap -
Idul adha termasuk salah satu dari dua hari raya islam yang datang satu tahun sekali , pertama idul fitri bertepatan dengan tanggal 1 syawal setelah selesai melakukan puasa wajib sebulan penuh dan yang kedua pada 10 dzulhijjah yang di sebut dengan lebaran idul adha yang bertepatan dengan pelaksaan penyembelihan hewan qurban.

Dari keduanya tersebut terdapat salah satu shalat sunat yang harus di laksanakan oleh semua umat muslim di seluruh dunia yang di kerjakan di pagi harinya yaitu shalat ied. Sedangkan untuk waktu mengerjakan shalat idul adha ini yaitu setelah terbitnya matahari , dan untuk menentukan waktu tersebut mampu di ketahui lewat jadwal shalat yang telah di tentukan oleh pihak pemerintah atau oleh para kiyai yang jago di bidangnya.

Sementara dalam hal yang lainnya baik itu tata cara , bacaan takhbir , serta jumlah rakaatnya hampir sama dengan shalat idul fitri , perbedaannya hanya pada niat shalat idul adha dan jumlah takhbirnya saja. Memang niat ini selain menjadi rukun yang tidak boleh di tinggalkan tetapi juga menjadi pembeda anatara ibadah yang satu dengan yang lainnya.

Tata Cara Shalat Idul Adha Dan Bacaannya Lengkap

Nah bagi kalian yang lupa dengan tata caranya silahkan pelajari kembali dengan baik di bawah ini , mengingat shalat idul adha ini di laksanakan setahun sekali serta sedikit berbeda dengan shalat sunat pada umumnya.

1. Membaca Niat Shalat Idul adha

Niat Sebagai Ma'mum

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِالْاَضْحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli sunata 'iidhil adha rakataini mustakhbilal qiblati ma'muuman lillahi ta'aala

Artinya : Saya niat sholat sunnah idul adha dua raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum alasannya yakni Tuhan Ta'ala


Niat sebagai Imam

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِالْاَضْحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli sunata 'iidhil adha rakataini mustakhbilal qiblati imaaman lillahi ta'aala

Artinya : Saya niat sholat sunnah idul adha dua raka'at menghadap kiblat sebagai imam alasannya yakni Tuhan Ta'ala

2. Takhbirotul Ikhram

3. Takhbir lagi sebanyak 7 kali pada rakaat pertama dan 5 kali di rakaat kedua selain takhbirotul ikhram serta di antaranya membacakan bacaan :

سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاَللَّهُ أَكْبَرُ . اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَارْحَمْنِي

Subhanallah , wal hamdu lillah wala ilaha illallah wallahu akhbar , allahumaghfirli warhamni

Artinya : Maha suci Tuhan , segala kebanggaan bagi-Nya , tidak ada sesembahan yang benar untuk disembah selain Allah. Ya Tuhan , ampunilah gua dan rahmatilah aku.

4. Di lanjut membaca surat fatihah

5. Membaca salah satu surat dari al-qur'an , lebih di utamakan surat surat Qaaf untuk rakaat pertama dan keduanya surat Al Qomar atau Al A’laa dan surat Al Ghosiyah.

6. Setelah itu di lanjut ruku dan di truskan ibarat shalat pada umumnya sampai rakaat kedua lalu di akhiri dengan salam.

7. Setelah shalat idul adha selesai kemudian khutbah yang di lakukan oleh imam atau yang mewakilinya

8. Selesai

Itulah pembahasan wacana cara shalat idul adha secara lengkap , supaya menjadi sesuatu yang bermanfaat serta di amalkan dengan baik ketika tiba waktunya. Sedikit memberi tahukan pada bulan dzulhijah ini berbagai amalan sunat yang memiliki keutamaan yang sangat besar salah satunya puasa arafah dan tarwiyah.

0 Response to "Tata Cara Shalat Idul Adha Dan Bacaannya Lengkap"