Contoh Khutbah Idul Fitri Pilihan Terbaik Terbaru Singkat Padat Yang Sedih Menyentuh Hati

Contoh Khutbah Idul Fitri Pilihan Terbaik Terbaru Singkat Padat Yang Sedih Menyentuh Hati - Bismillahirrohmanirrohim , segala puji hanya milik alloh swt. Alhamdullilah ketika ini kita semua masih di beri kesempatan untuk mampu mencicipi bagai mana keagungannya bulan ramadhan , semoga semua amal ibadah kita yang di laksanakan selama sebulan penuh di terima di sisi alloh swt , amiin ya allh ya roobal alamin.

Pada kesempatan ini kami akan coba membagikan sebuah Contoh Khutbah Idul Fitri Pilihan Terbaik Terbaru Singkat Padat Yang Sedih Menyentuh Hati , barang kali di antara kita ada yang sedang membutuhkan sebuah referensi untuk di jadikan materi di hari raya idul fitri. Sebagaimana yang kita ketahui khutbah idul fitri berbeda dengan khutbah jum'at , yang mana pada hari raya idul fitri di lakukan setelah selesai melaksanakan shalat ied sedang jikalau pada shalat jumat di laksanakan sebelum shalat.

الله أكبر الله أكبر الله أكبر الله أكبر الله أكبر الله أكبر الله أكبر الله أكبر الله أكبر، لا إله إلا الله الله أكبر ولله الحمد

اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِيْ كَتَبَ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ الصِّيَامَ فِي شَهْرِ رَمَضَانَ، وَأَنْزَلَ فِيْهِ الُقُرْانَ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنْ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ، وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ الله وَحْـدَهُ لاَ شَـرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُـوْلُهُ. اَللَّهُمَّ صَّلِّ وسلم عَلَى هَذَا النَّبِيِّ الْكَرِيْمِ مُحَمَّدٍ وَعَلَى الِهِ وَأَصْـحَابِهِ ومَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانِ إِلَى اخِرِ الزَّمَانِ، أما بعد: فَيَا مَعَاشِرَ الْمُسْلِمِيْنَ رَحِمَكُمُ الله، أُوصِيْكُمْ وَإِيَّايَ بِتَقْوَا اللهَ فَقْدْ فَازَ الْـمُتَّقُوْنَ. وَقَدْ قـَالَ اللهُ تَعاَلَى فِي الْـقُرْاَنِ الْكَرِيْمِ::

Setelah kita semua selesai melaksanakan puasa ramadhan selama sebulan penuh yang di sertai ibadah-ibadah lainnya , hal itu mengandung arti bahwa sebenarnya kita pun telah lulus melaksanakan latihan rohani , hal tersebut akan membuahkan hasil yang akan menyebabkan keimanan kita semakin berpengaruh dan merupakan suatu sarana untuk melatih jasmani semoga lebih terbiasa sehat.

Jika seandainya kita cermati baik , bawha sebenarnya ibadah puasa kita selama bulan ramadhan merupakan suatu hakikat yang di antaranya adalah :

1. Merupakan suatu pembuktian atas kuatnya keimanan orang-orang yang berpuasa , sampai-sampai mereka rela menahan lapar seharian , menahan dahaga , menahan rasa cape , meskipun begitu mereka tidak pernah berhenti membaca al-qur'an serta hal-hal yang lainnya. Sebaliknya jikalau keimanan orang tersebut lemah , maka mampu saja di depan orang-orang mereka mengaku puasa padahal ketika di rumah sendiri atau di kawasan sepi dia makan seenaknya , minum se enaknya serta hal-hal yang melanggar puasanya. Oleh karena itu , benar dengan apa yang di dawuhkan allh swt dalam hadist qudsi yang berbunyi

الصوم فإنه لي وأنا أجزي به

sebenarnya puasa itu untuk-Ku (benar atau tidaknya puasa hanya alloh yang tahu) dan Aku akan membalasnya dengan itu.

2. Puasa merupakan suatu sarana untuk melatih batin , memperbaiki akhak serta kebijaksanaan pekerti setiap kaum muslim , baik itu dari mengumbar amarah , melajur hawa napsu , ucapan tingkah laku dan yang lain sebagainya , serta melatih semoga mereka mampu disiplin terhadap segala peraturan , baik itu waktu ketika makan minum , dan hal yang lainnya , yang mana hal tersebut telah di tentukan waktunya. Serta mampu menghargai waktu tidak pernah berani korupsi dalam waktu , meski sedetik pun terutama ketika menyangkut dilema ibadah.

Selanjutnya kita itu di perintah oleh alloh swt , semoga kita mampu hidup terbiasa menahan diri dari hal-hal duniawi , semoga hal tersebut mampu membenahi dilema kehidupan , terutama kaum fakir dan miskin supaya orang kaya tidak merasa dia kaya karena dalam puasa semuanya sama , begitu juga oorang miskin tidak merasa dia miskin karena orang kaya pun sama menahan lapar , jikalau hal tersebut tidak ada maka yakin akan mampu menyebabkan kekacauna atau keributan di tengah-tengah masyarakat yang alhasil terjadi perampokan , ada nya maling , peperangan serta hal yang lainnya , Maka sangat pas jikalau puasa ini di jadikan sebagai sarana penyeimbang anatara yang miskin dan yang kaya.

Sebagaimana dalam sebuah hadist di katakan :

"Sesungguhnya kefakiran itu mendekatkan terhadap ke kufuran"

Sebab biasanya , ketika seseorang banyak di landa kesusahan baik itu karena tidak cukup dalam hal perekonmian atau hal yang lainnya maka hati dan pikirannya gelap , sehingga dirinya akan terdorong melaksanakan hal-hal yang melnggar norma-norma agama , akan lupa pada kebenaran karena kemiskinan melanda kepadanya , meskipun begitu tidak sedikit pula rang kaya , yang karena kekayaannya itu lupa terhadap jati dirinya sebagai hamba alloh sehingga semakin hari dia semakin haus akan kekayaan sehingga segala cara pun di halalkan. Oleh karena itu

Allohu Akhbar , Allohu Akhbar , Allohu Akhbar

Pada malam dan hari raya idul fitri , seluruh umat muslim di seluruh dunia di sunatkan untuk mengumandangkan takhbir , yang mana bertujuan untuk mengangungkan nama alloh swt karena tiada yang maha agung kecuali ia , yang mana keagunganya tidak ada bandingannya. Ke agungan insan hanya ketika dia mempunyai pangkat , kepintaran dan ke kayaan yang mana kesemuanya itu juga milik alloh , alloh maha kuasa yang patut kita agungkan setiap saat.

Selanjutnya di pagi hari idul fitri kita juga di sunatkan untuk melaksanakan sholat ied atau shalat idul fitri yang mana shalat tersebut di akhiri dengan berjabat tangan yang merupakan dari simbol kita saling memaafkan atas segala dosa yang pernah di lakukan sesama manusia.

Allohu Akhbar , Allohu Akhbar , Allohu Akhbar

Maka jikalau umat muslim telah melaksanakan segala peribadan selama bulan ramadhan yang di akhiri dengan shalat idul fitri di hari lebaran maka mampu di katakan diri mereka idu fitri atau kembali suci , putih , bersih menyerupai bayi. dalam arti mereka kembai menyerupai setelah mereka di lahirkan yang tidak mempunyai dosa sama sekali.

Allohu Akhbar , Allohu Akhbar , Allohu Akhbar
Hadirin kaum muslimin roohimakumullooh

Seandainya jikalau kita mampu memahami serta mencermati arti dari puasa , zakat fitar dan hal-hal lainnya selama bulan ramadhan hingga hari ini maka semua itu mampu kita ambil kesimpulan bahwa semua itu merupakan suatu pembelajaran serta pelatihan mental batin yang begitu sangat besar , yang bertujuan semoga kita mampu benar-benar lebih serius lagi dalam hal peribadahan ka alloh swt.

Allohu Akhbar , Allohu Akhbar , Allohu Akhbar

Mungkin hanya itu saja khutbah idul fitri kali ini , semooga kita semua mampu mengabil pesan yang tersirat dari semua yang kami sampaikan tadi.

Nah itulah rujukan dari khutbah idul fitri yang mampu kami tulis kali ini , semoga mampu bermanfaat bagi kalian yang membutuhkan. mohon maaf atas keterbatasan dalam pembahasannya , juga mohon maaf atas segala penyampaiannya yang banyak kesalah.

Previous
Next Post »