Doa Menyembelih Hewan Qurban Milik Sendiri Dan Untuk Orang Lain

Doa Menyembelih Hewan Qurban Milik Sendiri Dan Untuk Orang Lain - Qurban termasuk salah satu ibadah sunnah yang sangat dianjurkan bagi orang yang telah bisa untuk melaksanakannya. Aktivitas ini di laksanakan satu tahun sekali yaitu pada bulan dzulhijjah tanggal 10 atau bertepatan dengan hari raya idul adha.

Waktu dari pelaksanaan menyembelih hewan qurban ini yaitu mulai dari setelah final melakukan shalat ied idul adha serta lebih utama di segerakan. Serta alangkah baiknya kalau penyembelihan tersebut di lakukan oleh oorang-orang yang sudah andal di bidangnta serta tahu terhadap aturan-aturan penyembelihan.

Tidak semua hewan yang ada bisa untuk di qurbankan , alasannya yaitu hanya beberapa saja yang sah yaitu kambing atau biri-biri , domba , sapi dan unta. Tetapi dalam memilih hewan-hewan yang akan di qurbankan tersebut terdapat aturan-aturannya di antaranya hewannya dalam keadaan sehat tidak cedera atau sakit , telah mencukupi umur sesuai yang di syariatkan ibarat domba telah mencapai umur 1 tahun , sapi 2 tahun dan unta 5 tahun atau lebih.

Doa Menyembelih Hewan Qurban Milik Sendiri Dan Untuk Orang Lain

Selain itu hewan yang di qurbankanpun bukan hasil dari berutang tetapi hasil milik sendiri baik itu membelinya dengan uang sendiri atau hasil dari memelihara. Orang yang berqurbanpun bukan budak melainkan merdeka serta banya lagi yang lainnya. Mengingat ini termasuk ibadah yang memiliki hukum sunnah muakad maka alangkah baiknya kalau sebelumnya membaca doa menyembelih hewan qurban atau bacaan-bacaan lainnya.

Doa Menyembelih Hewan Qurban Milik Orang Lain

بِسْمِ اللَّه اللَّهُمَّ وَاللَّهُ أَكْبَرُ اَللَّهُمَّ هَذَا مِنْكَ وَلَكَ، هَذَا عَنْ فُلَانٍ

Bismillahi Allahumma wallahuakhbar , allahumma hadaa minka walaka , hada 'an fulanin

Artinya : Dengan Nama Tuhan , Tuhan Maha Besar , Ya Tuhan ini dari-Mu dan untuk-Mu , ini kurban dariku.

Doa Menyembelih Hewan Qurban Milik Sendiri

بِسْمِ اللَّه اللَّهُمَّ وَاللَّهُ أَكْبَرُ اَللَّهُمَّ هَذَا مِنْكَ وَلَكَ، هَذَا عَنِّي

Bismillahi Allahumma wallahuakhbar , allahumma hadaa minka walaka , hada 'annii

Artinya : Dengan Nama Tuhan , Tuhan Maha Besar , Ya Tuhan ini dari-Mu dan untuk-Mu , ini kurban dariku.

Kemudian di sambung dengan bacaan doa di bawah ini

اَللَّهُمَّ تَقَبَّلْ مِنْ فُلَانٍ وَآلِ فُلَانٍ

Allahumma takobal min fulanin wa ali fulain

Artinya : Ya Tuhan , terimalah kurban dari fulan dan keluarga fulan ," (dengan menyebut namanya)

Lafadz atau bacaan doa menyembelih hewan qurban ini di ucapkan dikala penyembelihan akan di lakukan , Maka dari itu mengingat acara ibadah sunnah ini di lakukannya setahun sekali tidak menutup kemungkinan kalau ada yang lupa dengan bacaannya , dengan begitu silahkan di hafalkan sebaik mungkin.

Previous
Next Post »