Bacaan Niat Shalat Idul Adha Terlengkap Dalam Tulisan Bahasa Arab Dan Artinya

Bagi kalangan umat muslim melakukan shalat ied idul adha merupakan suatu keharusan , bahkan hukumnya sunnah muakad ialah sangat di anjurkan. Shalat ini di kerjakan hanya setahun sekali tepatnya pada tanggal 10 dzulhijjah bertepatan dengan hari pelaksanaan penyembelihan qurban.

Namun dalam tata cara , gerakan hingga bacaan dan juga doa takbirnya tidak jauh berbeda dengan shalat idul fitri ialah sama-sama di laksanakan dengan dua rakaat yang di akhiri oleh dua khutbah idul adha yang di lakukan oleh imam atau yang mewakilinya , Perbedaannya hanya terletak pada niatnya saja.

Niat merupakan salah satu rukun yang tidak boleh di tinggalkan dalam setiap shalat , karena jikalau rukun tersebut tertinggal tiidak sah shalat nya , serta keharusan ini bukan untuk imam saja tetapi juga ma'mum pun harus melaksanakannya. Sementara melafadzkan niat sebelum takhbirotul ikhram hukumnya sunat , dengan tujuan untuk meluriskannya di dalam hati.

Bacaan Niat Shalat Idul Adha Dalam Tulisan Bahasa Arab Dan Artinya

Karena niat tempatnya di hati , sementara membaca niat yang di haruskan itu ialah ketika takhbirotul ikhram atau ketika mengangkat kedua tangan sambil verbal membaca allohuakhbar maka hati melafadzkan niat. Jika tidak mampu membaca niat shalat idul adha dalam bahasa arab maka mampu dengan bahasa sehari-hari baik itu memakai bahasa indonesia , jawa atau sunda.

Niat Untuk Imam

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِالْاَضْحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli sunnata 'iidhil adha rakataini mustaqhbilal qiblati imaaman lillahi ta'ala

Artinya : Saya niat sholat sunnah idul adha dua raka'at menghadap kiblat sebagai imam karena Tuhan Ta'ala

Niat Untuk Ma'mum

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِالْاَضْحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli sunnata 'iidhil adha rakataini mustaqhbilal qiblati ma'muuman lillahi ta'ala

Artinya : Saya niat sholat sunnah idul adha dua raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Tuhan Ta'ala

Menginga pelaksanaannya setahun sekali , tidak menutup kemungkinan jikalau di antara kita semua ada yang lupa dengan cara shalat idul adha juga niatnya , dengan begitu silahkan di pelajari terlebih dahulu sebelum melaksanakannya , semoga nanti pas tiba waktunya sudah hafal dan mampu mengerjakannya dengan sempurna.

Previous
Next Post »