Tata Cara Sholat Taubat Nasuha Yang Benar Lengkap Doanya

Tata Cara Sholat Taubat Nasuha Yang Benar Lengkap Doanya - Sholat taubat ialah sholat yang di kerjakan ketika seseorang menyesali perbuatan maksiat mirip dosa , baik itu dosa kecil atau dosa besar dengan berjanji tidak akan mengulanginya lagi dan apabila menyegerakannya setelah melaksanakan dosa maka dosanya akan di hapus adapun mengenai hukum wacana sholat taubat ini yaitu hukumnya sunat mu'akad.

Maka dari itu alangkah baiknya setelah kita mengerjakan maksiat atau dosa di segerakan untuk mengerjakan shalat taubat nasuha jangan hingga menunda-nundanya biar diri kita kembali suci. karena diri kita ibaratkan kertas yang putih yang ternodai jikalau tidak cepat di bersihkan maka akan trus menempel nodanya.

Sedangkan untuk manfaat shalat taubat bagi yang mengerjakan mendapat ampunan dari alloh swt atas semua dosa yang pernah di kerjakan pada masa lampau baik itu dosa kecil atau dosa besar adapun yang termasuk pada dosa besar di antaranya syirik (menyekutukan alloh) , berbuat durhaka kepada orang renta , membunuh orang , memakan riba , memakan harta anak yatim dan berbuat zina.

Tata Cara Sholat Taubat Nasuha Yang Benar Lengkap Doanya

Sebagai mana terdapat dalam sebuah hadis yang mengharuskan untuk mengerjakan sholat taubat , rosululloh saw bersabda

مِنْ عَبْدٍ يُذْنِبُ ذَنْبًا فَيُحْسِنُ الطُّهُورَ ، ثُمَّ يَقُومُ فَيُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ ، ثُمَّ يَسْتَغْفِرُ اللَّهَ إِلَّا غَفَرَ اللَّهُ لَهُ

Artinya : "Tidaklah seorang hamba berbuat satu dosa , lalu ia bersuci dengan baik , lalu bangun untuk shalat dua rakaat , kemudian memohon ampun kepada Tuhan , melainkan Tuhan akan mengampuni dosanya."

Kemudian nabi membaca :

وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ فَاسْتَغْفَرُوا لِذُنُوبِهِمْ وَمَنْ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا اللَّهُ وَلَمْ يُصِرُّوا عَلَى مَا فَعَلُوا وَهُمْ يَعْلَمُونَ

Artinya : "Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri , mereka ingat akan Tuhan , lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain daripada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu , sedang mereka mengetahui. [QS. Ali Imran: 1365].



إِنَّ اللَّهَ يَقْبَلُ تَوْبَةَ الْعَبْدِ مَا لَمْ يُغَرْغِرْ

"Sesungguhnya Tuhan tetap mendapatkan taubat seorang hamba selama ruh (nyawa)nya belum di tenggorokan." (HR. Al-Tirmidzi , hadits hasan)

Apabila matahari terbit dari barat , karena Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:

مَنْ تَابَ قَبْلَ أَنْ تَطْلُعَ الشَّمْسُ مِنْ مَغْرِبِهَا تَابَ اللَّهُ عَلَيْهِ



"Barangsiapa yang bertaubat sebelum matahari terbit dari barat , maka Tuhan akan mendapatkan taubatnya." (HR. Muslim)

Shalat taubat ini disyariatkan dalam semua waktu , hingga pada waktu terlarang mirip sesudah shalat 'Ashar. Sebabnya , karena ia termasuk jenis shalat yang memiliki sebab. Maka disyariatkan dan boleh eksklusif dikerjakan ketika datang sebabnya.

Syikhul Islam rahimahullah berkata ,

وَكَذَلِكَ صَلَاةُ التَّوْبَةِ فَإِذَا أَذْنَبَ فَالتَّوْبَةُ وَاجِبَةٌ عَلَى الْفَوْرِ وَهُوَ مَنْدُوبٌ إلَى أَنْ يُصَلِّيَ رَكْعَتَيْنِ ثُمَّ يَتُوبَ كَمَا فِي حَدِيثِ أَبِي بَكْرٍ الصِّدِّيقِ

Artinya : "Demikian pula shalat taubat (termasuk shalat yang memiliki karena dan harus segera dilakukan , sehingga boleh dilakukan meskipun waktu terlarang untuk shalat) , jikalau seseorang berbuat dosa , maka taubatnya itu wajib , yaitu wajib segera dilakukan. Dan disunnahkan baginya untuk melaksanakan shalat dua raka’at. Kemudian ia bertaubat sebagaimana keterangan dalam hadits Abu Bakar Al-Shiddiq.”

Syarat Shalat Taubat

Seperti halnya pada setiap sholat maka ketika seseorang hendak mengerjakan sholat harus suci dari hadast kecil dan hadast besar jikalau belum suci dari hadast besar maka harus melaksanakan mandi wajib ( mandi Besar) kemudian berwudhu yaitu mengilangkan hadast kecil dan ini merupakan syarat bagi setiap shalat.

Tata Cara Shalat Taubat


Dalam melaksanakan sholat taubat sama halnya dengan mengerjakan sholat pada umumnya yang membedakannya hanya terletak pada niatnya saja dan niat ini menjadi salah satu pembeda antara sholat yang satu dengan yang lainnya , untuk niatnya telah di bahas di halaman kami yang lainnya.

Selanjutnya pada Rakaat yang pertama setelah membaca surat fatihah membaca surat al-kafirun , dan pada rakaat kedua setelah membaca fatihah membaca surat al-ikhlas , untuk jumlah rakaatnya cukup melaksanakan 2 rakaat.

Setelah simpulan sholat maka di anjurkan untuk memperbanyak membaca istighpar setelah itu berdoa memohon ampunan kepada alloh swt , untuk doanya telah di bahas di halaman kami yang lainnya.

Itulah sedikit mengenai sholat taubat mudah-mudahan apa yang kami bahas ini membantu teman pembaca semua dan semoga banyak manfaatnya.

Previous
Next Post »