Latest News

Bacaan Doa Akhir Tahun Dan Awal Tahun Baru Islam (Hijriyah)

Bacaan Doa Akhir Tahun Dan Awal Tahun Baru Islam (Hijriyah) - bulan muharram merupakan awal perhitungan tahun dalam kalender hijriyah yang di gunakan oleh seluruh umat islam di dunia. Menurut sejarah awal mula ditetakannya kalender atau tanggal hijriyah ini yaitu semenjak masa kholifah umar bin khatab dengan tujuan semoga lebih mempermudah dalam menandai surat menyurat antar kaum muslimin.

Sebenarnya doa ini tidak pribadi di ajarkan oleh baginda rosul mengingat pada waktu semasa nabi tersebut perhitungan tahun hijriyah ini belum tersusun , sementara doa-doa yang banyak di amalkan oleh orang-orang ketika ini merupakan bacaan-bacaan yang di susun ooleh para ulama. Tetapi meskipun begitu kalau tujuannya tersebut demi kebaikan serta memohon pertolongan kepada allah swt maka tidak ada salahnya kalau di amalkan , apalagi kalau mengingat doa merupakan senjatanya orang islam.

Tidak mampu di pungkiri bahkan semuanya sudah faham bahwa segala sesuatu yang baik harus di awali dengan doa semoga kesudahannya pun mengagumkan dan memuaskan serta penuh keberkahan , begitu pula di selesai dan awal tahun ini , dengan keinginan semoga di tahun yang akan datang kita mampu lebih baik lagi , sebab doa ini menjadi tanda seorang hamba menyerahkan sesuatu kepada rabnya serta menjadi tanda dari prilaku rendah diri.

Bacaan Doa Akhir Tahun Dan Awal Tahun Baru Islam (Hijriyah)

Adapun bacaan doa tahun baru dan awal tahun yang banyak di banyakan ooleh orang-orang ketika ini yaitu sebagai berikut :

Doa Akhir Tahun

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ فِى هَذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنِى عَنْهُ فَلَمْ اَتُبْ مِنْهُ وَلَمْ تَنْسَهُ وَحَلِمْتَ عَلَىَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوْبَتِى وَدَعَوْتَنِى اِلَى التَّوْبَةِ بَعْدَ جَرَا ئَتِى عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّى اَسْتَغْفِرُكَ فَغْفِرْلِى وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِى عَلَيْهِ الثَّوَابَ فَاَسْأَلُكَ اَللَّهُمَّ يَاكَرِيْمُ يَاذَ الْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ اَنْ تَتَقَبَّلَهُ مِنِّى وَلاَ تَقْطَعَ رَجَائِى مِنْكَ يَاكَرِيْمُ وَصَلَى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Bismillaahhir rohmaanir rohiim washollalloohhu 'alaa sayyidinaa muhammadiw wa'alaa aalihhi washohbihhi wasallam alloohhumma maa 'amiltu fii hhadzihhis sanati mimmaa nahhaitanii 'anhhu falam atub minhhu walam tardlohhu walam tansahhu wahalamtu 'alayyaa ba'da qudrotika 'alaa 'uquubatii ilaat taubati minhhu ba'da jur-atii 'alaa ma'shiyatika fa-innii astaghfiruka faghfirlii wamaa 'amiltu fiihhaa mimmaa tardloohhu wawa'adtanii 'alaihhisy syawaaba fa-as-aluka alloohhumma yaa kariimu yaa dzaljalaali wal-ikroomi ang tataqobbalahhu minnii walaa taqto' rojaa-i mingka yaa kariimu washollalloohhu 'alaa sayyidinaa muhammadinin nabiyyil ummiyyi wa'alaa aalihhi washohbihhi wasallim.

Artinya : Dengan menyebut nama Tuhan Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Semoga Tuhan melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW ,beserta para keluarga dan sahabatnya. Ya Tuhan , segala yang telah ku kerjakan selama tahun ini dari apa yang menjadi larangan-Mu , sedang kami belum bertaubat , padahal Engkau tidak melupakannya dan Engkau bersabar (dengan kasih sayang-Mu) , yang sesungguhnya Engkau berkuasa memperlihatkan siksa untuk saya , dan Engkau telah mengajak saya untuk bertaubat sesudah melaksanakan maksiat.

Doa Awal Tahun

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ اَللَّهُمَّ اَنْتَ اْلاَ بَدِيُّ الْقَدِيْمُ اْلاَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ وَكَرَمِ جُوْدِكَ الْمُعَوَّلُ وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ اَقْبَلَ اَسْأَلُكَ الْعِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَ اَوْلِيَائِهِ وَالْعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ اْلاَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ وَاْلاِشْتِغَالِ بِمَا يُقَرِّبُنِى اِلَيْكَ زُلْفَى يَاذَالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ وَصَلَى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Bismillaahir-rahmaanir-rahiim. Wa shallallaahu ‘alaa sayyidinaa , Muhammadin wa ‘alaa ‘aalihi wa shahbihii wa sallam. Allaahumma
antal-abadiyyul-qadiimul-awwalu , wa ‘alaa fadhlikal-’azhimi ,wujuudikal-mu’awwali , wa haadza ‘aamun jadidun qad aqbala ilaina
nas’alukal ‘ishmata fiihi minasy-syaithaani wa auliyaa’ihi wa junuudihi , wal’auna ‘alaa haadzihin-nafsil-ammaarati bis-suu’i wal-isytighaala , bimaa yuqarribuni ilaika zulfa yaa dzal-jalaali wal-ikram yaa , arhamar-raahimin , wa sallallaahu ‘alaa sayyidina Muhammadin nabiyyil , ummiyyi wa ‘alaa aalihi wa shahbihii wa sallam.

Artinya : Dengan menyebut asma Alloh Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Semoga Alloh tetap melimpahkan rahmat dan salam (belas kasihan dan kesejahteraan) kepada junjungan dan penghulu kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat Beliau.
Ya Alloh ! Engkau Dzat Yang Kekal , yang tanpa Permulaan , Yang Awal (Pertama) dan atas kemurahan MU yang agung dan kedermawanan MU yang selalu berlebih , ini yaitu tahun gres telah tiba : kami mohon kepada MU pada tahun ini semoga terhindar (terjaga) dari godaan syetan dan semua temannya serta bala tentara (pasukannya) , dan (kami mohon) pertolongan dari godaan nafsu yang selalu memerintahkan (mendorong) berbuat kejahatan , serta (kami mohon) semoga kami disibukkan dengan segala yang mendekatkan diriku kepada MU dengan sedekat-dekatnya. Wahai Dzat Yang Maha Luhur lagi Mulia , wahai Dzat Yang Maha Belas
Kasih!

Kedua doa di atas sebaiknya di bacakan masing-masingnya sebanyak tiga kali , maka dari itu silahkan untuk di hafal semoga nanti pas tiba saatnya mampu mengamalkannya dengan baik dan lancar. Perlu sedikit di ketahui bergotong-royong muharram ini termasuk pada bulan yang di agungkan oleh allah swt selain ramadhan , sehingga sangat di anjurkan untuk memperbanyak amalan-amalan dan berbuat kebaikan khusunya melaksanakan puasa bulan muharram atau sering di sebut dengan asyura dan tasu'a pada tanggal 10 dan 9 nya dan ini ini sebaik-baiknya puasa yang memiliki keutamaan sangat besar sekali yaitu di hapusnya dosa selama setahun yang lalu.

0 Response to "Bacaan Doa Akhir Tahun Dan Awal Tahun Baru Islam (Hijriyah)"