Shalat Sunat Bulan Rajab Lengkap Beserta Niatnya

Shalat Sunat Bulan Rajab Lengkap Beserta Niatnya - Shalat sunnah merupakan shalat yang pernah di contohkan oleh rosul , selain shalat wajib. shalat sunnah ini memiliki hukum sunnah sehingga barang siapa yang mengerjakannya akan mmendapatkan pahala dan barang siapa yang meninggalkan nya tidak menjadi dosa. Tetapi jikalau seorang muslim ingin menerima suatu pahala yang lebih maka harus melaksanakannya , dan juga sebaik-baiknya muslim yaitu mereka yang selalu melakukan hal yang di sunnahkan.

Di dalam shalat sunnah terdapat dua jenis shalat yang pertama shalat sunnah yang di berjamaahkan dan yang ke dua ada shalat sunnah yang lebih baik di laksanakan sendiri serta yang termasuk shalat sunnah yang di berjamaah kan yaitu shalat sunnat rajab. Shalat sunnat rajab yaitu shalat yang di kerjakan pada bulan rajab serta memiliki aneka macam keistimewaan dan manfaat bagi siapa saja yang mengerjakannya.

Memang jikalau kita mengingat pada bulan rajab , pastinya pikiran kita akan pribadi menuju pada suatu peristiwa yang besar yang penuh dengan makna , yaitu isra mi'raj-nya nabi kita muhammad saw. Maka mengingat akan hal maka mampu di kategorikan bahwa bulan rajab merupakan salah satu bulan yang agung selain bulan ramadhan , oleh alasannya itu alangkah baiknya jikalau kita mengerjakan amalan-amalan yang baik menyerupai shalat sunnat rajab , puasa sunnat , serta meningkatkan amal shaleh kita.


Di antara beberapa keistimewaan bulan rajab yaitu :

-Puasa satu hari pada bulan rajab maka pahalanya sama dengan puasa satu bulan di luar rajab kecuali bulan ramadhan.

-Bulan rajab lebih mulia daripada seluruh makhluk kecuali nabi muhammad.

-Barang siapa yang mengerjakan shalat sunnat rajab maka akan di selamatkan dari api neraka serta di masukan ke surga.

Tata Cara Shalat Sunnat Rajab

1. pada tanggal 1 rajab 10 rakaat
2. pada tanggal 15 rajab 10 rakaat
3. Pada tanggal 30 rajab 10 rakaat
4. pada malam jumat pertama bulan rajab 12 rakaat

Di kerjakan antara waktu maghrib dan isya

Niat Shalat Sunnat Rajab

أُصَلِّي سُنَّةً لِشَهْرِ رَجَبَ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ لِلهِ تَعَالَى

Usolli sunata syahri rajaba rak'ataini lillahi ta'aala

Artinya : Aku niat shalat sunnat bulan rajab dua rakaat karena allah ta'alaa...allaahu akhbar.

Untuk shalat sunnat pada tanggal 1 ,15 serta 30 rajab bacaan yang di baca setiap setelah fatihah yaitu surat al-iklas 3 kali serta surat al-kafirun 3 kali. sementara untuk malam jumat pertama bulan rajab surat yang di baca setelah fatihah yaitu surat al qodar (inna anzalnaahu) 3 kali serta surat al-ikhlas 12 kali sehabis shalat lalu membaca shalawat kepada nabi muhammad saw sebanyak 70 kali sambil duduk kalem sebagai mana duduk saat tasyahud.

Setelah simpulan melakukan shalat sunat rajab alangkah baiknya membaca doa atau memohon ampunan kepada alloh atas segala dosa yang pernah kita kerjakan , baik dosa yang di sengaja atau yang tidak di sengaja sekalipun.

Previous
Next Post »