Tata Cara Sholat Ghaib Jenazah Lengkap Bacaan Doanya

Tata Cara Sholat Ghaib Jenazah Lengkap Bacaan Doanya - Sholat ghaib mayat yaitu sholat yang d kerjakan dikala ada sanak saudara atau umat muslim yang meninggal dunia sementara kita tidak sempat mengikuti sholat mayat maka kita di sunnahkan mengerjakan sholat ghaib meskipun sudah satu ahad atau lebih.

Pada dasarnya antara sholat ghaib dan mayat itu sama , cuma yang menjadi perbedaannya , kalau sholat mayat mayitnya ada di depan kita sementara pada ghaib mayitnya tidak ada di depan kita.

Sementara hukum dari sholat ghaib ini yaitu sunnah dalam arti kalau kita mengerjakannya maka kita mendapat pahala tetapi kalau tidak di laksanakan maka tidak menjadi dosa , sedangkan untuk waktunya boleh di kerjakan kapan saja mau siang malam dan waktu-waktu yang lainnya baik di laksanakannya sendiri atau berjamaah tetapi alangkah baiknya di kerjakan secara berjamah alasannya yaitu sholat berjamaah merupakan sholat yang paling utama.

Tata Cara Sholat Ghaib Jenazah Lengkap Bacaan Doanya

Adapun dalil yang mengisyarat perihal mengerjakan sholat ghaib yaitu sebagai mana yang di riwayatkan oleh bukhori dan muslim.

لِمَا صَحَّ أَنَّ النَّبِيَُ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَعَى النَّجَاشِيَّ لأَصْحَابِهِ وَ هُوَ بِالمَدِيْنَةِ وَصَلَّى عَلَيْهِ وَ صَلُّوْا خَلْفَهُ

Artinya : bergotong-royong pada suatu hari , Nabi saw memberitahu para shahabat perihal final hidup Najasyi. Lalu , Nabi saw mengajak para shahabat untuk bersholat atas Najasyi. Mereka shalat di belakang beliau. (HR Bukhari Muslim).

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُما: أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَرَّ بِقَبْرٍ قَدْ دُفِنَ لَيْلا ، فَقَالَ : مَتَى دُفِنَ هَذَا ؟ قَالُوا : الْبَارِحَةَ . قَالَ : أَفَلا آذَنْتُمُونِي !؟ قَالُوا : دَفَنَّاهُ فِي ظُلْمَةِ اللَّيْلِ فَكَرِهْنَا أَنْ نُوقِظَكَ . فَقَامَ فَصَفَفْنَا خَلْفَهُ ، قَالَ ابْنُ عَبَّاسٍ وَأَنَا فِيهِمْ فَصَلَّى عَلَيْهِ

Artinya : Dari Ibnu Abbas ra , ia menyatakan bahwa Rasulallah saw lewat bersahabat sebuah kuburan yang gres semalam dikuburkan. Rasulallah saw bertanya: ”Kapan dibuburkan?”. Mereka menjawab: ”Tadi Malam”. Beliau bertanya lagi: ”Kenapa kalian tidak memberitahukan kepadaku?”. Mereka menjawab: ”Kami kuburkan ia tengah malam yang sangat gelap alasannya yaitu itu kami tidak mau membangunkan engkau”. Lalu Nabi berdiri , kami berbaris dibelakang ia untuk shalat. Ibnu Abbas berkata:”Dan gua termasuk orang yang berbaris. Maka ia shalat” (HR Bukhari Muslim).

Tata cara sholat ghaib jenazah
Untuk tata caranya sholat ghaib sebenarnya sama dengan sholat jenazah pada umumnya baik dalam rukun atau cara melaksanakannya
tetapi yang membedakannya cuma terletak pada niatnya saja , memang niat ini selalu menjadi pembeda antara sholat satu dengan sholat yang lainnya dan ini menjadi salah satu bukti bahwa pentingnya niat dalam peribadahan terutama yang berbentuk shalat.

1. Niat

Tata Cara Sholat Ghaib Jenazah Lengkap Bacaannya

“Ushalli ‘alaa mayyiti (.......) al ghaaibi arba’a takbiraatin fardlal kifaayati lillahi ta’alaa”
Artinya : “aku niat salat gaib atas mayat (......) empat takbir fardu kifayah alasannya yaitu Allah”"
tanda kurung yang beisi ttik-titik diganti dengan nama mayat yang disalati.

2. Takhbi pertama dilanjut membaca surat fatihah

3. Takhbir ke dua di lanjut membaca sholawat kepada nabi

4. Takhbir ke tiga dalanjut membaca doa sebagaimana doa pada sholat jenazah

5. Takhbir ke empat di lanjut membaca doa

6. Salam

Itulah pembahasan kami kali ini perihal Sholat Ghaib Jenazah mudah-mudahan mampu bermanfaat bagi kita semua , dari kami mohon maaf atas segala kekurangannya.

Previous
Next Post »