Latest News

Bacaan Doa Sholat Jenazah Pendek Panjang Takbir Ke 4 3 Lengkap Singkat Sesuai Sunnah

Sholat Jenazah merupakan sebuah pekerjaan sunnah yang harus di kerjakan ketika ada seorang muslim meninggal dunia , baik itu laki-laki , perempuan ataupun anak-anak. Cara mengerjakan sholat mayit ini mudah sekali alasannya yakni kita cukup bangkit dan mengerjakan takhbir empat kali di selangi dengan bacaan-bacaan doa dan hukumnya pun fardhu kifayah.

Meskipun begitu banyak di antara umat islam yang belum tahu persis cara mengerjakannya baik dalam niat sholat jenazah ataupun bacaannya , maka dari itu kami akan coba membahasnya secara lengkap beserta bacaan doanya , Bacaan Do'a Sholat Jenazah Singkat Panjang Sesuai Sunnah termasuk untuk perempuan , laki-laki , anak kecil laki-laki , anak kecil perempuan , bayi serta yang lainnya silahkan di pelajari secara detail semoga lebih paham lagi.

Kami merasa yakin , semua orang ppasti memebutuhkan doa ini , alasannya yakni tidak mampu di pungkiri suatu ketika kita pun akan melakukan sholat ini bahkan di shlatkan ibarat itu.


Bacaan Do'a Sholat Jenazah Menurut Tarjih Muhammadiyah

Adapun untuk dalil yang berpengaruh wacana keutamaan di kerjakannya sholat mayit yaitu sebagaiman nabi bersabda.

"Barang siapa yang menghadiri mayit sampai ikut mensholatkannya maka dia menerima satu qirath dan barang siapa yang menyaksikannya sampai ikut mengantar ke kubur maka menerima dua qirath "ditanyakan" apa yang di maksud dengan dua qirath itu ? dia menjawab , ibarat dua gunung yang besar (HR : muttafaq alaih)

أَنَّهُ مَاتَ ابْنٌ لَهُ بِقُدَيْدٍ أَوْ بِعُسْفَانَ فَقَالَ يَا كُرَيْبُ انْظُرْ مَا اجْتَمَعَ لَهُ مِنَ النَّاسِ. قَالَ فَخَرَجْتُ فَإِذَا نَاسٌ قَدِ اجْتَمَعُوا لَهُ فَأَخْبَرْتُهُ فَقَالَ تَقُولُ هُمْ أَرْبَعُونَ قَالَ نَعَمْ. قَالَ أَخْرِجُوهُ فَإِنِّى سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَقُولُ « مَا مِنْ رَجُلٍ مُسْلِمٍ يَمُوتُ فَيَقُومُ عَلَى جَنَازَتِهِ أَرْبَعُونَ رَجُلاً لاَ يُشْرِكُونَ بِاللَّهِ شَيْئًا إِلاَّ شَفَّعَهُمُ اللَّهُ فِيهِ

"Anak 'Abdullah bin 'Abbas di Qudaid atau di 'Usfan meninggal dunia. Ibnu 'Abbas lantas berkata , "Wahai Kuraib (bekas budak Ibnu 'Abbas) , lihat berapa banyak insan yang menyolati jenazahnya." Kuraib berkata , "Aku keluar , ternyata orang-orang sudah berkumpul dan gue mengabarkan pada mereka pertanyaan Ibnu 'Abbas tadi. Lantas mereka menjawab , "Ada 40 orang". Kuraib berkata , "Baik jikalau begitu." Ibnu 'Abbas lantas berkata , "Keluarkan mayit tersebut. Karena gue mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda , "Tidaklah seorang muslim meninggal dunia lantas dishalatkan (shalat jenazah) oleh 40 orang yang tidak berbuat syirik kepada Tuhan sedikit pun melainkan Tuhan akan memperkenankan syafa'at (do'a) mereka untuknya." (HR. Muslim)


Doa Dan Tata Cara Sholat Jenazah



Niat Sholat Jenajah

Niat merupakan satu hal yang mesti ada pada setiap sholat baik pada sholat fardlu dan sholat sunta yang mana niat ini mempunyai waktu dan kawasan tertentu yang mesti di lakukan oleh seseorang yang melakukan ibadah sholat begitu juga pada sholat mayit , adapun untuk niat sholat mayit di hadirkan/di baca bersamaan dengan takhbir pertama.


Takhbir Pertama

Setelah takhbir pertama membaca surat fatihah yang di awali dengan ta'ud (A'udzubilaah-himinassyaiton-nirrozim)


Takhbir Ke Dua

Pada takhbir ke dua kita membacakan sholawat kepada nabi muhammad saw.

Bacaan Do'a Sholat Jenazah Menurut Tarjih Muhammadiyah


Takhbir Ke tiga


Do'a Setelah Takhbir Ketiga

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ اْلأَبْيَضَ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ النَّارِ


Allaahummaghfir lahu warhamhu wa'afihi wa'fu anhu wa akrim nuzulahu wawassi mad-khalahu waghsilhu bil maa'i wats tsalji wal-baradi wanaqqihi minal khathayaayaa kamaa yunaqqats tsaubul abyadhu minal danasi wa abdilhu daaran khairan min daarihi wa ahlan khairan min ahlihi wa zaujan khairan minzau-jihiwaqihifitnatalqabri wa'adzaban naari.

Artinya :
Ya Allah! Ampunilah dia (mayat) berilah rahmat kepadanya , selamatkanlah dia (dari beberapa hal yang tidak disukai) , maafkanlah dia dan tempatkanlah di kawasan yang mulia (Surga) , luaskan kuburannya , mandikan dia dengan air salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan , sebagaimana Engkau membersihkan baju yang putih dari kotoran , berilah rumah yang lebih baik dari rumahnya (di dunia) , berilah keluarga (atau istri di Surga) yang lebih baik daripada keluarganya (di dunia) , istri (atau suami) yang lebih baik daripada istrinya (atau suaminya) , dan masukkan dia ke Surga , jagalah dia dari siksa kubur dan Neraka.”


Takhbir Ke Empat

Adapun untuk Do'anya :

Bacaan Do'a Sholat Jenazah

Allahumma la tuhrimna azrahuu walaa tuftinaa ba'dahu waghfirlana walahuu

Artinya :
Ya alloh janganlah kami tidak engkau beri pahala , dan janganlah engkau beri fitnah kepada kami sesudahnya dan berilah ampun kepada kami dan kepadanya.

Setelah tanggapan membaca do'a pada takhbiran ke empat di lanjut dengan salam yaitu "Assalammualaqum"

Demikianlah pembahasan kami wacana bacaan doa sholat jenazah semoga apa yang kami bahas ini mampu menambah wawasan kita semua dan semoga menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk mampu kita amalkan. Untuk lebih memperluas pemahaman dari pembahasan ini silahkan pelajari semua yang berkaitan dengan bacaan doa sholat mayit pendek panjang takbir Ke 4 , 3 lengkap singkat sesuai sunnah perempuan , wanita , latin , muhammadiyah , laki-laki , tata cara , menurut , dalam bahasa arab serta yang lainnya.

0 Response to "Bacaan Doa Sholat Jenazah Pendek Panjang Takbir Ke 4 3 Lengkap Singkat Sesuai Sunnah"