Bacaan Doa Ziarah Kubur Orang Tua Wali Lengkap Singkat Arab Dan Latinnya

Bacaan Doa Ziarah Kubur Orang Tua Wali Lengkap Singkat Arab Dan Latinnya - Berziarah kubur ialah sebuah acara yang lebih banyak didominasi kebanyakan umat muslim lakukan semenjak dahulu , baik itu ke makam orang renta , saudara , para wali , hingga ke ziarah ke makamnya baginda nabi saw. Acara ini di sunnahkan untuk di kerjakan sebagaimana telah di contohkan pribadi oleh ia semasa hidupnya , mulai dari tata cara hingga kalimat-kalimat yang di baca dikala berziarah qubur.

Bagi seseorang yang mau melaksanakan ziarah qubur terdapat akhlak atau kesopanan yang harus di patuhi menyerupai mengucapkan salam dikala memasuki area pekuburan , dilarang duduk di atasnya , jikalau pelataran area tersebut bersih sebaiknya sandal di buka , jangan menucapkan atau bericara yang bathil , di cegah untuk menangis alasannya ialah meratapi jenazah dan yang terakhir mendoakan mayit.

Hukum berziarah kubur ialah boleh , bahkan dalam beberapa hadis nabi ada yang mengatakan bahwa ia memerintah umatnya untuk melaksanakan ziarah , alasannya ialah memiliki tujuan yaitu melembutkan hati , membuat air mata menetes , dan mengingatkan akhirat. Dan selain itu juga berziarah qubur juga sangat bermanfaat bagi orang yang di ziarahi dan yang berzarah.

Bacaan Doa Ziarah Kubur Lengkap Singkat Arab Dan Latinnya

Ziarah kubur ini memiliki manfaat sangat besar sekali yang dapat di ambil oleh orang yang melaksanakannya , menyerupai di antaranya dirinya akan lebih juhud , ingat akan janjkematian , menjadi suatu pengingat bahwa setiap badan insan baik yang gagah atau yang lemah akan sama berakhir di kuburan dan yang paling penting akan bisa meningkatkan keimanan dan peribadahan setiap orang , alasannya ialah siapa orangnya yang tidak merasa takut jikalau sudah di hadapkan dengan kematian.

Barikut ialah tata cara beserta doa ziarah qubur yang bisa di amalkan oleh semua umat muslim.

Pertama Membaca Salam

اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ يَآاَهْلَ الْقُبُوْرِ يَغْفِرُاللهُ لَنَا وَلَكُمْ اَنْتُمْ سَلَفُنَا وَنَحْنُ بِا ْلاَثَرِ

Assalamu'alaikum yaa ahlal qubur , yaghfirulohu lana walakum antum salafuna wa nahnu bil asari

Artinya : Salam bagimu wahai mahir kubur , biar Yang Mahakuasa mengampuni kami dan kau , sedangkan kau telah mendahului kami dan kami akan mengikuti.

Selanjutnya , biasanya orang muslim membaca tawasulan terlebih dahulu dengan membaca doa tahlil khusushan al-fatihah , kemudian di lanjut membaca dzikir , tahmid dan sebagainya , di lanjut membaca surat yasin , dan di tutup dengan membaca doa ziarah qubur. dan berikut kalimatnya.

عُوْذُبِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ
بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيْمِ
اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. حَمْدَ الشَّاكِرِيْنَ، حَمْدَالنَّاعِمِيْنَ، حَمْدًايُوَافِيْ نِعَمَه وَيُكَافِئُ مَزِيْدَه، يَارَبَّنَالَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِيْ لِجَلاَلِ وَجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ. اَللهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلى الِى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

اَللهُمَّ تَقَبَّلْ وَاَوْصِلْ ثَوَابَ مَاقَرَأْنَاهُ مِنَ الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ وَمَا هَلَّلْنَا وَمَا سَبَّحْنَا وَمَااسْتَغْفَرْنَا وَمَا صَلَّيْنَا عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ هَدِيَّةً وَاصِلَةً وَرَحْمَةً نَازِلَةً وَبَرَكَةً شَامِلَةً اِلَى حَضْرَةِ حَبِيْبِنَا وَشَفِيْعِنَا وَقُرَّةِ اَعْيُنِنَا سَيِّدِنَا وَمَوْلنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَاِلَى جَمِيْعِ اِخْوَانِه مِنَ الْاَنْبِيَآءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَالْاَوْلِيَآءِ وَالشُّهَدَآءِ وَالصَّالِحِيْنَ وَالصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَالْعُلَمَآءِ الْعَالِمِيْنَ وَالْمُصَنِّفِيْنَ الْمُخْلِصِيْنَ وَجَمِيْعِ الْمُجَاهِدِيْنَ فِى سَبِيْلِ اللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَالْمَلاَئِكَةِ الْمُقَرَّبِيْنَ خُصُوْصًا اِلَى سَيِّدِنَا الشَّيْخِ عَبْدِ الْقَادِرِ الْجَيْلاَنِيِّ

ثُمَّ اِلى جَمِيْعِ اَهْلِ الْقُبُوْرِ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ مِنْ مَشَارِقِ اْلاَرْضِ اِلَى مَغَارِبِهَا بَرِّهَا وَبَحْرِهَا خُصُوْصًا اِلَى آبَآءِنَا وَاُمَّهَاتِنَا وَاَجْدَادِنَا وَجَدَّاتِنَا وَنَخُصُّ خُصُوْصًا مَنِ اجْتَمَعْنَاههُنَا بِسَبَبِه وَلِاَجْلِه

اَللهُمَّ اغْفِرْلَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ اْلاَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارًاخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلاً خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَاَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَاَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ. اَللهُمَّ اغْفِرْ لِحَيِّنَا وَمَيِّتِنَا وَشَاهِدِنَا وَغَائِبِنَا وَصَغِيْرَنَا وَكَبِيْرَنَا وَذَكَرِنَا وَاُنْثَانَا. اَللهُمَّ مَنْ اَحْيَيْتَهُ مِنَّا فَاَحْيِهِ عَلَى اْلاِسْلاَمِ وَمَنْ تَوَفَّيْتَهُ مِنَّا فَتَوَفَّهُ عَلَى اْلاِيْمَانِ. اَللهُمَّ لاَتَحْرِمْنَا اَجْرَهُ وَلاَتُضِلَّنَا بَعْدَهُ بِرَحْمَتِكَ يَآاَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ. وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

اَلْفَاتِحَةْ

A'idzubillahi minasyaitho0nir rojim
Bismillahir-rohmannirrohim
Alhamdullilahi robbil 'alamin , hamdan syakiriin , hamdannaa'imiin , hamdan yuwaafiini'amahu wayukaafii mazidah , yaa robbanaa lakal hamdu kamaa yanbaghi lijalali wajhika wa'adzimi sultonik , allohumma shoolli wasalim 'ala sayyidina muhammad wa'ala alii sayyidina muhammad.

Alloh humma taqobal wa ausil sawaaaba maa qoro ,nahu minal qur'anil 'adzim , wa maa halalna wa maa sabahna wamastaghfarnaa wamaa sholaina 'atsayyidina muhammad sollallohu'alaihi wasallam , hadiyatan wasilatan , warohmatan najilatan wa barokatan samilatan ilaa hadoroti habibina wasafi'ina waquroti a'ayuninaa sayyidina wamaulanaa muhammadin sollallohu 'alaihi wa sallam , wa ila jami'ii ikhwanihi minal anbiyaai walmursaliina wal auliyaai , wassuhadai , wassolihina , wassohabati wattabi'ina wal'ulamail 'alimina wal mushonnafiinal mukhlisiina wa jami'il mujaa-hidiina fi sabilillahi robbil 'alaminn , wal malaikatil muqorrobina khusushan ila sayyidina syaih abdul qodir zailanii.

Summa ilaa jami'i ahlil qubur minal muslimiina wal muslimati wal mu ,miniina wal mu , minaati min masaarikil ardhi ila magooribiha barriha wabahriha khusushan ila aabaaina wa ummahaa tiinaa , wa ajdaadina , wanakhussu khusushan manijtam'anaa hahunaa bisababihi waliajlihi.

Alloh hummaghfirlahu warhamhu wa'afihi wa'fu anhu wa akrim nujulahu wawasi' madholahu , waghsilhu bilmai wassalji wal barodi wanaqihi minal khotooya , kama yunaqqo saubul abyadu minaddannasi wa abdilhu , darron khoiron min daarihi wa ahlan khoiron min ahlihi wa jaujan khoiron min jauzihi wa adhilhul jannata wa 'aidhu min 'adzabil qobri wa fitnatihi wa min 'adzabinnar , allohhumaghfir lihayyina wa mayyitina wa sahhidiina wa ghoniina washogiirona wa kaabirona wadakirona wa ansana , allohumma man ahyaitahu minna fa ahyihi 'alal islami wa man tawafaitahu minna fatawafahu alal iiman allohumma la tuhrimna azrohu wa laa tudillanaa ba'dahu birohmatikayaa arhamarroohimiin , wal hamdu lillahi robbil 'aalamiin.

Al-Fatihah..

Artinya : Aku berlindung kepada Yang Mahakuasa dari godaan setan yang terkutuk
Dengan menyebut nama Yang Mahakuasa Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.
Segala puji bagi Yang Mahakuasa penguasa alam semesta , sebagaimana orang-orang yang bersyukur dan orang-orang yang mendapat banyak kenikmatan memuji-Nya. dengan kebanggaan yang sepadan dan nikmat-Nya dan memungkinkan pertambahannya. Wahai Tuhan kami , kebanggaan hanyalah untuk-Mu , sebagaimana yang layak akan kemuliaan Dzat-Mu dan keagungan kekuasaan-Mu. Ya Yang Mahakuasa , limpahkanlah kesejahteraan dan keselamatan kepada Nabi Muhammad junjungan kami dan kepada keluarga beliau.

Ya Yang Mahakuasa , terimalah dan sampaikanlah pahala Al-Qur'an yang kami baca , tahlil kami , tasbih kami , istighfar kami dan shalawat kami kepada Nabi Muhammad SAW sebagai hadiah yang menjadi penyambung , sebagai rahmat yang turun dan sebagai berkah yang menyebar kepada kekasih kami , penolong kami dan buah hati kami , pemuka dan pemimpin kami , yaitu Nabi Muhammad SAW , juga kepada seluruh kawan-kawan ia dari kalangan para Nabi dan Rasul , para wali , para syuhada' , orang-orang shalih , para teman , para tabi'in , para ulama yang mengamalkan ilmunya , para pengarang yang tulus dan orang-orang yang berjihad di jalan Yang Mahakuasa Tuhan semesta alam , serta para malaikat yang selalu beribadah , khususnya ditujukan kepada Syekh Abdul Qadir Jailani.

Kemudian kepada seluruh penghuni kubur dari kalangan orang-orang islam laki-laki dan perempuan , orang mukmin laki-laki dan perempuan , dari potongan bumi timur dan barat , di laut dan di darat , terutama keapda bapak-bapak dan ibu-ibu kami , kakek dan nenek kami , lebih utamakan lagi kepada orang yang menimbulkan kami berkumpul di sini.

Wahai Yang Mahakuasa , ampunilahrahmatailah , bebaskanlah dan lepaskanlah dia. Dan muliakanlah daerah tinggalnya , luaskanlah dia. Dan muliakanlah daerah tinggalnya , luaskanlah jalan masuknya cucilah dia dengan air yang jernih lagi sejuk , dan bersihkanlah dia dari segala kesalahan bagaikan baju putih yang bersih dari kotoran , dan gantilan rumahnya dengan rumah yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya , dan keluarga yang lebih baik , dari yang ditinggalkan , serta suami (istri) yang lebih baik dari yang ditinggalkannya pula. Masukkanlah dia kedalam surga , dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya , dan dari siksa api neraka. Wahai Yang Mahakuasa berikanlah ampun , kami yang masih hidup dan kami yang telah meninggal dunia , kami yang hadir , kami yang ghoib , kami yang kecil-kecil kami yang sampaumur , kami yang pria maupun wanita. Wahai Yang Mahakuasa , siapapun yang Engkau hidupkan dari
kami , maka hidupkanlah dalam keadaan iman. Wahai Yang Mahakuasa janganlah Engkau menghalangi kami , akan pahala berinfak kepadanya dan janganlah Engkau menyesatkan kami sepeninggal dia dengan mendapat rahmat-Mu wahai Tuhan lebih belas kasihan. Segala puji bagi Yang Mahakuasa Tuhan semesta alam.

Selain doa ziarah kubur di atas bisa di baca dikala mengunjungi makam , bisa juga di baca dikala tahlilan di rumah. Mudah-mudahan apa yang kami bahas ini khususnya yang bersangkutan dengan tata cara bacaan doa ziarah kubur lengkap singkat arab dan artinya bermanfaat bagi kita semua.. amiiinnn.

Previous
Next Post »