Niat Doa Memandikan Jenazah Laki-Laki Perempuan Lengkap Latin Dan Artinya

Niat Doa Memandikan Jenazah Laki-Laki Perempuan Lengkap Latin Dan Artinya - Terdapat banyak hal yang menjadi kewajiban bagi orang yang masih hidup terhadap mayat atau mayat salah satunya memandikannya , Jika ada orang yang meninggal baik itu keluarga kerabat atau tetangga , laki-laki , perempuan belum dewasa dan yang lainnya maka jikalau di antara orang yang hadir tidak satupun yang memandikannya termasuk semua dosa tetapi bila salah satunya melaksanakannya maka hilanglah dosa tersebut.

Maka dari itu menjadi keharusan pula bagi setiap muslim untuk mengetahui bagaimana tata cara memandikan mayat tersebut termasuk hal-hal yang bersangkutan misalnya mengafani , memejamkan mata nya , hingga menguburnya. Kenapa harus semua orang mengetahuinya? alasannya ialah tidak menutup kemungkinan pada dikala tersebut orang-orang yang sudah andal atau mengerti dalam bidangnya mengalamii halangan , maka kewajiban kita lah untuk mewakilinya.

Memandikan mayat ini di lakukan sebelum di kafani yang kemudian nantinya di shalatkan , jikalau mayitnya perempuan alangkah baiknya jikalau di lakukan oleh wanita , bila laki-lakia di mandikannya oleh para pria pula dengan tujuan semoga terhindar dari fitnah dan hal-hal yang tidak di inginkan dikala pengurusan mayat tersebut.

Niat Doa Memandikan Jenazah Laki-Laki Perempuan Lengkap Latin Dan Artinya

Dalam tata cara memandikannya berbeda dengan pada umumnya , karena semua kotoran yang terdapat di mayit harus di keluarkan serta membasuhnya dengan air bersih , juga di anjurkan bagi rang yang melaksanakannya untuk membacakan niat atau doa memandikan jenazah karena kegiatan ini termasuk pada ibadah yang di anjurkan.

Niat Untuk Mayat Perempuan

نَوَيْتُ الْغُسْلَ اَدَاءً عَنْ هذِهِ الْمَيِّتَةِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla adaa an 'an hadzihil mayyitati lillahi ta'aala

Artinya : Saya niat memandikan untuk memenuhi kewajiban dari mayit (perempuan) ini karena Tuhan Ta'ala

Niat Untuk Mayat Laki-Laki

وَيْتُ الْغُسْلَ اَدَاءً عَنْ هذَاالْمَيِّتِ ِللهِ تَعَالَى

Nawaitul ghusla adaa an 'an hadzihil mayyiti lillahi ta'aala

Artinya : Saya niat memandikan untuk memenuhi kewajiban dari mayit (laki-laki) ini karena Tuhan Ta'ala

Dalam hal mengurus mayat bukan hanya ini saja yang mesti di fahami tetapi seputar niat shalat jenazah pun harus di ketahui , karena pasti akan sering di lakukannya , mengingat maut ini akan temui oleh semua rang dan hampir setiap harinya ada orang yang meninggal.

Previous
Next Post »