Do'a Sebelum Dan Sesudah Makan Minum Beserta Artinya

Makan yaitu sebuah hal yang pasti setiap orang butuhkan setiap harinya , bukan hanya saa untuk memenuhi kebutuhan jasmani saja , namun makan juga bermanfaat supaya badan senan tiasa teraga sehat , serta besar lengan berkuasa dalam menalankan banyak sekali aktivitas. Pentingnya makan dalam kehidupan insan bukan hanya sebatas sementara saa namun untuk selamanya.

Bahkan bukan hanya oleh orang cukup umur saja yang membutuhkan pada makan ini anak bayi yang gres lahirpun harus di berinya cuma menunya saja yang berbeda maka dari itu tidak mampu di pungkiri bahwa makan ini menjadi kebutuhan penting bagi setiap orang di seluruh dunia mulai dari perkotaan sampai kepoloksok perkampungan.

Di dalam agama islam segala hal di atur dengan baik supaya setiap umat dalam segala aktivitasnya bukan hanya mampu menerima kepuasan tetapi juga menghasilkan keberkahan dan tentunya di sukai oleh sang penciptanya. Selain tata cara makan yang baik ada sebuah doa yang harus di bacakan baik itu sebelum atau sesudahnya.

Doa Sebelum Dan Sesudah Makan Minum Beserta Artinya

Bacaan menyerupai ini bukan hanya terdapat dikala makan saja tetapi dalam hal lainnya pun ada dan mesti di akukan misalnya menyerupai doa tidur dan sesudahya , ketika masuk rumah , dikala mau berguru sampai doa sehari-hari dan yang lainnya. Dan kesemuanya tersebut harus di pelajari dengan baik.

Doa Sesudah Makan

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ اَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مُسْلِمِيْنَ

Alhamdulillahil ladzi at'amanaa wa syaqona wa ja'alanaa muslimin

Artinya : Segala puji bagi Tuhan yang telah memberi makan kami dan minuman kami , serta menimbulkan kami sebagai orang-orang islam.

Doa Sebelum Makan

اَللهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Allohumma baarik lanaa , fiimaa rajaktanaa , waqinaa 'adzabannaar

Artinya : Ya Tuhan , berkahilah kami dalam rezeki yang telah Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka.

Doa Setelah Minum

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ جَعَلَهُ عَذْبًا فُرَاتًا بِرَحْمَتِهِ وَلَمْ يَجْعَلْهُ مِلْحًا اُجَاجًا بِذُنُوْبِنَا

Alhamdu lillahi ladzi ja'alahu adzban furootam birohmatihi wa lamyaz'alahu milhan ujaajam bidzunuubinaa

Artinya : Segala puji bagi Tuhan yang telah menimbulkan air ini (minuman) segar dan menggiatkan dengan rahmat-Nya dan tidak menimbulkan air ini (minuman) asin lagi pahit alasannya dosa-dosa kami.

Nah itulah bacaan doa makan dan sebelumnya di sertai dengan minumnya , mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua , jangan lupa untuk semua orang renta supaya mengajarkannya kepada bawah umur supaya beliau terbiasa melaksanakan banyak sekali hal dengan doa.

Previous
Next Post »