Niat Puasa Arafah Dan Tarwiyah 9 Dzulhijjah 2017 Sebelum Idul Adha

Ketika bulan haji datang terdapat sebuah ibadah sunnah yang alangkah baiknya di kerjakan oleh orang yang tidak pergi ke makah yaitu puasa arafah dan tarwiyah. eskipun hanya di kerjakan dua hari saja yaitu tanggal 8 dan 9 dzulhijjah namun bagi yang mengerjakannya maka ia akan di beri hadiah besar yaitu berupa fahala pengampunan dosa selama 1 tahun untuk puasa tarwiyah sedang pada arafahnya selama dua tahun.

Yang di maksud dengan puasa arafah atau tarwiyah ini yaitu salah satu ibadah puasa yang di laksanakan pada bulan haji atau dzulhijjah , bertepatan dengan tanggal 8 dan 9 haji , atau sehari sebelum datangnya hari raya qurban , maka dari itu banyak sebagian orang yang menyebutnya dengan sebutan puasa idul adha. Karena memang di laksanakan puasanya sebelum atau menjelang idul adha.

Lalu kapan , atau berapa hari puasa arafah di lakukan , atau pada tanggal berapa , nah dalam hal ini alangkah baiknya bila di lakukan mulai tanggal 1 haji/dzulhijjah namun yang lebih di utamakan yaitu pada tanggal 8 dan 9 yang di sebut puasa arafah dan tarwiyah , salah satu hal yang membuat puasa ini di anjurkan yaitu supaya yang tidak pergi haji mampu mencicipi kenikmatan merka yang sedang ibadah haji.

Niat Puasa Arafah Dan Tarwiyah 9 Dzulhijjah Yang Benar Dalam Bahasa Arab

Banyak sekali keutamaan serta keunggulan bagi orang-orang yang melakukan puasa tersebut ibarat halnya di hapusnya dosa-dosa kecil atau di ringankannya dosa besar , di angkat derazatnya. Maka dari itu sangat di anjurkan bagi orang yang tidak pergi haji untuk melakukan puasa arafah dan tarwiyah ini. Karena tersimpan pahala puasa yang begitu besar di dalamnya.

Untuk itu bagi kalian yang tidak tahu bagai mana pelafadzan niatnya mampu di simak pribadi di bawah , tidak jauh berbeda dengan niat puasa sunnah pada umumnya misalnya niat puasa qadha atau puasa senin kamis.

Niat Puasa Hari Arafah Tanggal 9 Dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ عَرَفَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma 'arofata sunnatan lillahi ta'aala

Artinya : Saya niat puasa sunnah arafah alasannya yaitu Tuhan Ta'ala

Niat Puasa Hari Tarwiyah Tanggal 8 Dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ التَّرْوِيَةَ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma tarwiyata sunnatan lillahi ta'aala

Artinya : Saya niat puasa sunnah tarwiyah alasannya yaitu Tuhan Ta'ala

Niat Puasa Sunah Tanggal 1 - 7 Dzulhijjah

نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ ذِي الْحِجَّةِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma syahri dzilhijati sunatan lillahi ta'alaa

Artinya : Saya niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah alasannya yaitu Tuhan Ta'ala

Itulah sedikit pembahasan perihal niat puasa arafah dan tarwiyah semoga mampu membantu kalian yang sedang membutuhkannya , terutama untuk di hafalkan supaya nanti pas tiba waktunya mampu pribadi mempraktekannya.

Previous
Next Post »