Latest News

Tata Cara Sholat Dhuha Sesuai Sunnah 6 12 Dan 7 Rakaat Yang Benar Dan Bacaan Doanya

Terdapat berbagai ibadah sunnah yang di anjurkan oleh rasululloh saw setiap harinya , namun salah satu yang paling di unggulkan ialah shalat dhuha , bahkan bagi siapapun yang rela dan nrimo meluangkan waktu setiap hari untuk tidak meninggalkannya , maka mereka di janjikan dengan berbagai kebaikan yang akan di dapat didunia dan alam abadi nanti.

Adapun hadist-hadist shahih yang menyatakan bahwa pada sholat dhuha ini memiliki keutamaan , manfaat dan keistimewaan yang sangat tinggi menyerupai di antaranya akan mendapat ampunan dosa dari allah swt , akan di beri pahala menyerupai halnya ibadah umrah , di sediakan sebuah rumah di surga , dicukupkan rezeki , berzakat bagi persendian dan masih banyak lagi yang lainnya , bahkan yang sudah faktual terasa yaitu dengan tidak meninggakan sholat dhuha ini rezekipun semakin mudah di dapat dan datang dari arah yang tidak pernah terbayangkan.

Sedangkan untuk waktu pelaksanaan sholat dhuha ini yaitu dari mulai tingginya matahari kira-kira ukuran 7 hasta atau kurang lebih mulai dari pukul 7 pagi samapai datangnya waktu dhuhur , maka sebenarnya tidak ada alasan bagi orang yang ingin mendapat kebaikan yang melimpah untuk tidak melakukan dhuha ini sebab waktunya cukup panjang. Sedangkan jumlah rakaat bisa di sesuaikan dengan kemampuan masing-masing yaitu mulai dari 2 rakaat , 4 , 6 , 8 hingga 12 rakaat dengan masing-masing dua rakaat satu kali salam dan di akhiri dengan membaca doa dhuha ini yang lebih afdhol.

Tata Cara Sholat Dhuha Sesuai Sunnah 6 12 Dan 7 Rakaat Yang Benar Dan Bacaan Doanya

Dalam tata cara sholat dhuha ini tidak jauh berbeda dengan yang lainnya , baik itu dari sisi gerakannya atau bacaannya , nah untuk panduan selengkapnya bisa eksklusif di simak di bawah ini.

1. Niat sholat sunnah dhuha berbarengan dengan takhbirotul ikhram cukup di hadirkan di dalam hati.

أُصَلِّي سُنَّةَ الضُّحَي رَكْعَتَين ِللهِ تَعَاليَ

Usholi sunnatad-dhuha rak‘ataini lillahi ta’aalaa.

Artinya : Aku Sengaja sholat sunnah dhuha 2 raka'at sebab Allah

2. Di lanjut dengan membaca doa iftitah

3. Membaca Surat Al-Fatihah

4. Kemudian membaca salah satu surat dari al-Qur'an , pada rakaat pertama lebih di anjurkan Asy-Syams dan pada rakaat kedua Al-Lail , kalau keduanya tidak bisa maka bisa ayat-ayat pendek lainnya.

5. Ruku' sambil membaca tasbih 3x

6. I'tidal sambil membaca doa-nya

7. Ruku' sambil membaca tasbih 3x

8. Duduk di antara dua sujud sambil membaca doanya

9. Sujud lagi sambil membaca tasbih 3x

10. Berdiri Untuk mengerjakan rakaat kedua menyerupai halnya tata di atas hingga tasyahud final sambil membaca , bacaannya.

11. Salam dua kali ke kanan dan ke kiri

Apabila ada pertanyaan , bagaimana kalau melakukan sholat dhuha ini 4 rakaat satu kali salam , maka jawabannya , sah sah saja , namun lebih afdhol di kerjakan 2 rakaat 1x salam. Yang terakhir , setelah selesai melaksanakannya , jangan lupa untuk membaca doa sholat dhuha menyerahkan segala sesuatu kepadanya dan memohon semoga apa yang kita inginkan terutama rezeki lebih di mudahkan dan di dekatkan.

Doa Setelah Sholat Dhuha

اَللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ بِحَقِّ ضُحَاءِكَ وَبَهَاءِكَ وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ وَقُدْرَتِكَ آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Allaahumma innad dhuhaa a dhuhaauka ,wal bahaa a bahaauka , wal-jamaala jamaaluka , wal quwwata quwwatuka , wal-qudrota qudratuka , wal-’ishmata ‘ishmatuka. Allahumma In kaana rizqii fissamaa’i fa anzilhu , wa in kaana fil-ardhi fa akhrijhu , wa in kaana mu’siran fa yassirhu , wa in kaana haraaman fa thahhirhu , wa in kaana ba’iidan fa qorribhu , bi haqqi dhuhaaika wa bahaaika wa jamaalika wa quwwatika wa qudratika wa ‘ismatika , Atinii maa aataita ‘ibaadakas shoolihiin

Artinya : Ya Tuhan , bekerjsama waktu Dhuha itu ialah waktu Dhuha-Mu , keindahan itu keindahan-Mu , kecantikan ialah kecantikan-Mu , kekuatan itu kekuatan-Mu , kekuasaan itu kekuasaan-Mu dan dukungan itu perlindungan-Mu”. “Ya Tuhan , kalau rezekiku masih di atas langit , turunkanlah dan kalau ada di dalam bumi , keluarkanlah , kalau sukar mudahkanlah , kalau haram sucikanlah , kalau masih jauh dekatkanlah , berkat waktu Dhuha , keagungan , keindahan , kekuatan dan kekuasaan-Mu , limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba-hamba-Mu yang shaleh.


Demikaianlah pembahasan perihal tata cara dan cara sholat dhuha yang benar serta manfaatnya , semoga saja dengan adanya pembahasan ini bisa menjadi sebuah motivasi atau dorongan bagi kita untuk selalu melakukan ibadah sunnah yang satu ini , apalgi kalau melihat dari keutamaan dan keistimewaannya , maka siapapun pasti ingin mendapatkannya.

0 Response to "Tata Cara Sholat Dhuha Sesuai Sunnah 6 12 Dan 7 Rakaat Yang Benar Dan Bacaan Doanya"