Bacaan Doa Niat Dan Tata Cara Sholat Tahajud Serta Manfaat Keutamaannya

Bacaan Doa Niat Dan Tata Cara Sholat Tahajud Serta Manfaat Keutamaannya - Dari sekian banyaknya sholat sunat yang banyak di lakukan oleh umat islam yaitu tahajud , yang sering di sebut juga dengan sholat malam. Karena pelaksanaannya hanya di lakukan pada waktu malam.

Tidak jauh berbeda dengan sholat pada umumnya , tahajud pun memiliki waktu tertentu untuk pelaksanaannya yaitu di malam hari karena bukan sholat tahajud kalau di lakukan pada ketika siang , serta terdapat salah satu syarat syah yang di tidak boleh di tinggalkan ketika akan mengerjakannya yaitu harus tidur terlebih dahulu meskipun hanya sebentar , kalau hal ini tidak di kerjakan maka tidak ada tahajud.

Terdapat salah satu ketika atau waktu yang di utamakan dalam sholat tahajud ini yiatu di pada sepertiga malam yang di kira-kira kan sekitar pukul 1 sampai jam tiga dini hari , Sebab waktu tersebut sangat damai untuk beribadah sehingga akan lebih khusu melaksanakannya.

Bacaan Doa Niat Dan Tata Cara Sholat Tahajud Serta Manfaat Keutamaannya

Meskipun termasuk sholat sunat menyerupai halnya dhuha , ketia akan mengerjakan sholat ini harus wudhu terlebih dahulu karena ini termasuk syarat sholat serta ibadah lainnya. Nah untuk selengkapnya bisa di simak di bawah ini

1. Niat Sholat Sunat Tahajud

اُصَلِّى سُنَّةً التَّهَجُّدِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ ِللهِ تَعَالَى

Ushalli sunata-tahajjudi rakataini sunatan lillahi ta'aala.

Artinya : Aku niat shalat sunat tahajud 2 rakaat , menghadap kiblat , karena Tuhan Ta'ala

2. Takhbirotul Ikhram

Yaitu mengangkat kedua tangan sampai pundak sambil membacakan allohuakhbar serta di dalam hati menghadirkan niat
3. Setelah takbirotul ikhram lalu membaca doa iftitah , adapun untuk doanya yaitu:

3. Membaca Doa Iftitah

Namun ini termasuk sunat sholah kalau mau di baca lebis indah , di tinggalkanpun tidak membatalkan

5. Membaca sutat Al-Fatihah sampai akhir

6. Membaca Salah satu surat dari al-quran

Bisa memilih surat yang menyerupai al nrimo dan yang lainnya , bisa juga yang panjang kalau bisa dan hafal , namun di sarankan lebih membaca surat yang benar-benar sudah di faham.

7. Lalu ruku , bangun daruku atau i'tidal , sujud , kemudian duduk di antaranya , sujud lagi dan bangun untuk melaksanakan rakaat kedua.

Untuk rakaat kedua dalam tata caranya sama menyerupai yang pertama kemudian di tutup dengan tahiyat dan kemudian salam. Nah kalau sudah selesai di lanjut membaca doa sholat tahajud yang bisa kalian hafal di bawah ini.

Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud

اَللهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ واْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ. وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ. اَللهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ. اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ. وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

ALLAAHUMMA LAKAL HAMDU ANTA QAYYIMUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA MALIKUS SAMAA WAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTA NUURUS SAMAAWAATI WAL ARDHI WA MAN FIIHINNA. WA LAKAL HAMDU ANTAL HAQQU , WA WA’DUKAL HAQQU , WA LIQAA’UKA HAQQUN , WA QAULUKA HAQQUN , WAL JANNATU HAQQUN , WANNAARU HAQQUN , WANNABIYYUUNA HAQQUN , WA MUHAMMADUN SHALLALLAAHU ‘ALAIHI WASALLAMA HAQQUN WASSAA’ATU HAQQUN. ALLAAHUMMA LAKA ASLAMTU , WA BIKA AAMANTU , WA ‘ALAIKA TAWAKKALTU , WA ILAIKA ANABTU , WA BIKA KHAASHAMTU , WA ILAIKA HAAKAMTU , FAGHFIRLII MAA QADDAMTU , WA MAA AKH-KHARTU , WA MAA ASRARTU , WA MAA A’LANTU , WA MAA ANTA A’LAMU BIHIMINNII. ANTAL MUQADDIMU , WA ANTAL MU’AKHKHIRU , LAA ILAAHA ILLAA ANTA , WA LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH

Artinya : Wahai Allah! Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah penguasa (raja) langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk yang ada di dalamnya. Milik-Mu lah segala puji. Engkaulah Yang Hak (benar) ,janji-Mu lah yang benar , pertemuan dengan-Mu yaitu benar , perkataan-Mu benar , surga itu benar (ada) , neraka itu benar (ada) , para nabi itu benar , Nabi Muhammad saw itu benar , dan hari selesai zaman itu benar(ada). Wahai Allah! Hanya kepada-Mu lah gue berserah diri , hanya kepada-Mu lah gue beriman , hanya kepada-Mu lah gue bertawakkal hanya kepada-Mu lah gue kembali , hanya dehgan-Mu lah kuhadapi musuhku , dan hanya kepada-Mu lah gue berhukum. Oleh karena itu ampunilah segala dosaku , yang telah kulakukan dan yang (mungkin) akan kulakukan , yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang-terangan , dan dosa-dosa lainnya yang Engkau lebih mengetahuinya daripada aku. Engkaulah Yang Maha Terdahulu dan Engkaulah Yang Maha Terakhir. tak ada Tuhan selain Engkau , dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pinjaman Allah.

Untuk jumlah rakaat pada sholat tahajud ini paling sedikit atau minimal 2 rakaat sedangkan jumlah maksimalnya tidak ada batasan , semampunya saja. Namun menurt pedapat paling mashur bahwa rosululoh saw pernah mengerjakannya sampai 8 rakaat di tambah witir i rakaat dan 8 rakaat di tambah witir 3 rakaat , pernah juga 10 rakaan di tambah witir 1 rakaat. Jika melaksanakannya lebih dari 2 maka tiap 2 rakaat melaksanakan salam.

Di antara keutamaan atau manfaat dari sholat tahajjud ini di antaranya yaitu di ampuninya dosa-dosa , di angkat ke daerah yang terpuji , di ankat derajatnya , masuk surga dengan selamat , lebih mendekatkan diri kepada allah serta yang lainnya. Bahkan kalau di lihat dari sisi dohirnya banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan badan menyerupai melancarkan pedoman darah , muka tampak lebih bersih dan bercahaya , mengusir banyak sekali penyakit dan menjaga kekebalan badan serta yang lainnya. Banyak sekali hadist-hadist shohih yang menunjukan wacana keutamaan serta di anjurkannya untuk melakukannya sholat sunat ini. menyerupai salah satunya yaitu :

أَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ صَلاَةِ الْمَفْرُوْضَةِ، صَلاَةُ اللَّيْلِ.

Shalat yang paling utama setelah sholat wajib yaitu shalat yang dilakukan di malam hari (Tahajud)

Nah Maka Bisa di ambil kesimpulan bahwa Sholat Tahajud ini termasuk salah satu proposal rosul yang di utamakan yang menyimpan banyak manfaat serta keutamaannya. Sehingga alangkah baiknya kalau kitapun sebagai umatnya selalu beristiqomah melaksanakannya.

Previous
Next Post »