Latest News

Bacaan Niat Shalat Ied Idul Adha Dan Tata Cara Lengkap Takbirnya

Bacaan Niat Shalat Ied Idul Adha Dan Tata Cara Lengkap Takbirnya - Bagi orang islam hari raya idul adha menjadi salah satu yang sangat istimewa selain hari idul fitri , alasannya yakni selain hanya termasuk hari yang di agungkan serta di dalamnya menyimpan banyak sekali peristiwa menarik , tetapi pada hari raya idul idul adha ini kebersamaan dan teleransi antar umat muslim semakin terlihat alasannya yakni adanya salah satu acara menyembelih hewan yang kemudian di bagikan kepada semuanya yaitu qurban.

Ibadah qurban merupkan salah satu yang di anjurkan untuk di laksanakan terutama bagi mereka yang bisa , alasannya yakni dengan adanya qurban ini setidaknya mereka orang-orang yang tidak bisa akan mencicipi kegembiraan. Namun pada pada ketika lebaran idul adha yang waktunya berada pada bulan dzulhijjah tepat pada tanggal 10 , bukan hanya qurban saja yang di tekankan tetapi banyak amalan-amalan sunnah yang semestinya mereka laksanakan mulai dari sebelum datangnya hari raya menyerupai puasa arafah dan tarwiyah yang memiliki keistimewaan begitu besar di dalamnya.

Dan ketika lebaran idul adha datang , muali dari malamnya umat islam di anjurkan untuk mengagungkan nama allah atau takbiran sampai pagi menjelang datangnya shalat sunnah ied idul adha. Sedangkan melaksanakan shalat ini sangat di anjurkan kepada semua umat islam terutama yang sudah baligh dan tidak ada halangan.

Bacaan Niat Shalat Ied Idul Adha Dan Tata Cara Lengkap Takbirnya

Sementara untuk waktu pelaksanaan shalat idul adha ini yaitu di waktu pagi hari setelah terbitnya matahari pada tanggal 10 haji atau dzulhijjah , sama menyerupai halnya shalat idul fitri baik itu tata cara , gerakan atau bacaanya , yang membedakannya terletak pada niatnya saja dan lebih utama untuk lebih awal waktu biar bisa segera melaksanakan qurban. Berikut selengkapnya.

1. Niat shalat Idul adha

Niat untuk ma'mum

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِالْاَضْحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli sunnata 'iidhil adhaa rakaaini mustakhbilal qiblati ma'muuman lillahi ta'aala

Artinya : Saya niat sholat sunnah idul adha dua raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum alasannya yakni Tuhan Ta'ala

Niat Untuk Imam

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِالْاَضْحَى رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli sunnata 'iidhil adhaa rakaaini mustakhbilal qiblati imaaman lillahi ta'aala

Artinya : Saya niat sholat sunnah idul adha dua raka'at menghadap kiblat sebagai imam alasannya yakni Tuhan Ta'ala

2. Takhbirotul ikhram yaitu mengankat kedua tangan sampai pundak sambil membaca kalimat allahuakhbar.

3. Selanjutnya melaksanakan takhbir lagi selain takhbirotul ikhram sebanyak 7 kali untu rakaat pertama dan 5 kali untuk rakaat ke dua , serta di antara takhbir tersebut membaca kalimat :

Bacaan di antara takhbir shalat idul adha

سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاَللَّهُ أَكْبَرُ . اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَارْحَمْنِي

Subhanallah wal hamdulillah walaa illaha illalloh wallohu akhbar. allohumaghfirlii war hamni

Artinya : Maha suci Tuhan , segala kebanggaan bagi-Nya , tidak ada sesembahan yang benar untuk disembah selain Allah. Ya Tuhan , ampunilah gue dan rahmatilah aku.

4. Kemudian membaca surat fatihah dari ayat ayat awal sampai akhir

5. Di lanjut membaca salah satu surat dari al-quran , namun lebih di utamakan surat Qaaf pada raka’at pertama dan Al Qomar pada raka’at kedua atau Al A’laa dan Al Ghosiyah. Jika surat tersebut belum faham maka boleh apa saja yang sudah hafal dari alqur'an.

6. Ruku , bangun dari ruku , sujud , duduk di antaranya , sujud lagi kemudian bangun untu melaksanakan rakaat ke dua.

Sete;ah bangun malakukan takhbir lagi sebanyak 5 kali dengan di selangi bacaan di atas.

7. Untuk selanjutnya sama menyerupai halnya rakaat pertama yang kemudian melaksanakan tahiyyat dan di tutup dengan salam ke kanan dan kekiri.

8. Di lanjut dengan melaksanakan dua khutbah idul adha yang di kerjakan oleh imam atau orang yang mewakilinya. Sementara peran ma'mum mendengarkan dengan khusu , Alangkah baiknya jikalau khutbah ini berisikan wacana idul adha atau yang bekerjasama qurban.

Sampai di sini sudah selesai mengerjakannya dengn tepat , jadi dapat di simpulkan bahwa jumlah rakaat shalat idul adha ini sebanyak 2 rakaat. Terdapat salah satu kesunahan yang harus di lakukan sebelum melaksanakannya yaitu di anjurkan untuk mandi sunah idul adha atau keramas dengan bacaan niat mandi dan doa yang sudah di tentukan juga di anjurka memakai pakaian yang bersih dan putih.

Itulah pembahasan kali ini wacana tata cara niat shalat idul adha lengkap dengan bacaan takhbir khutbah dan jumlah rakaatnya , serta tanggal dan waktu pelaksanaannya , mudah-mudahan bisa memberi pencerahan bagi yang lupa dengan hal tersebut , silahkan pelajari dengan baik biar ketika tiba waktunya telah benar-benar faham.

0 Response to "Bacaan Niat Shalat Ied Idul Adha Dan Tata Cara Lengkap Takbirnya"