Bacaan Niat Sholat Ied Idul Fitri Untuk Makmum Dalam Bahasa Arab Dan Artinya

Bacaan Niat Sholat Ied Idul Fitri Untuk Makmum Dalam Bahasa Arab Dan Artinya - Hari raya idul fitri ialah salah satu hari di awal bulan syawal , atau dimana seluruh umat islam telah simpulan melaksanakan puasa ramadhan sebulan penuh , yang mana pada dikala tersebut seluruh umat muslim kembali pada fitrah atau suci (bersih) dari segala dosa-dosa.

Namun bukan hanya sebagai hari yang istimewa dan penuh dengan kegembiraan , namun pada hari tersebut ada suatu hal yang harus di laksanakan oleh seluruh muslim serta memiliki hukum sunanah muakad yaitu jenis sunnah yang di anjurkan alasannya ialah rosululloh saw tidak pernah meninggalkannya yaitu sholat hari raya idul fitri atau di sebut juga dengan sholat ied.

Dalam Tata cara sholat ied atau idul fitri ini berbeda dengan sholat pada umumnya niat shalat tarawih yaitu adanya khutbah setelah melaksanakan sholat yang di lakukan oleh imam dan ini menjadi salah satu rukun dari ied ini. Namun hampir sama atau tidak jauh berbedadegan dengan sholat idul adha.

Bacaan Niat Sholat Hari Raya Idul Fitri Untuk Makmum Dalam Bahasa Arab Dan Artinya

Serta yang membedakannya yaitu terletak juga pada bacaan sholat idul fitri yang mana setelah takhbirotul ikhram melaksanakan takhbir lagi sebanyak 7 kali pada rakaat pertama dan di antara takhbir tersebut membaca lafadz subhanalloh walhamdulillah wala ilaaha illalloh wallohuakhbar , begitu juga pada tiap takhbir rakaat kedua yang di lamjutkan membaca fatihah seta salah satu surat dari alquran. Hal yang paling penting lagi ialah membaca niat , 8yang harus di lafadzkan oleh makmum dan imam untuk bacaan niatnya yaitu :

Niat Sholat Idul Fitri untuk Makmum

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli sunnata 'iidil fithri rok'ataini mustaqbilal qiblati ma'muman lillahi ta'aala

Artinya : Saya niat sholat sunnah idul fitri dua raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum alasannya ialah Tuhan Ta'ala

Untuk Imam

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli sunnata 'iidil fithri rok'ataini mustaqbilal qiblati imaaman lillahi ta'aala

Artinya : Saya niat sholat sunnah idul fitri dua raka'at menghadap kiblat sebagai imam alasannya ialah Tuhan Ta'ala

Niat ini di bacakan ketika takhbirotul ikhram yaitu dikala kedua tangan di ankat , mulu mengucapkan takbir dalam hati menghadirkan niat , sedangkan pelafadzan niat sebelum takhbir hukumnya sunnah , bertujuan untuk memantapkan niat dalam hati ketika takhbir.

Nah itulah sedikit ihwal pembahasan niat sholat ied , supaya goresan pena ini bermanfaat serta menjadi sebuah pengetahuan yang baik bagi kita semua , hal yang paling penting ialah pengamalannya.

Previous
Next Post »