Do'a Berbuka Puasa Yang Shahih Dan Makan Sahur Ramadhan Beserta Artinya

Buka puasa merupakan sebuah acara penting yang terjadi di bulan ramadhan , tepatnya dikala waktu maghrib telah berkumandang , bahkan mampu di rasakan sendiri bahkan ketika menelang akan tiba dikala berbuka puasa maka hati setiap orang akan merasa besar hati , karena setalah seharian penuh menahan rasa lapar dan dahaga di waktu ini semuanya akan merasa terbalaskan.

Puasa ini di laksanakan setahun sekali yang mana di kerjakan selama satu bulan penuh mulai dari tanggal 1 sampai tanggal 30 , serta bulan ini di namai juga dengan bulan ramadhan atau bulan penuh berkah , alasannya yakni pada waktu ini segala hal bentuk ibadah akan di lipat gandakan ganjarannya.

Dalam tata cara melakukan puasa ini , sama halnya menyerupai puasa pada umumnya misalnya puasa sunnah senin kamis yaitu mulai dari terbit fajar (shubuh) yang sebelumnya di mulai makan sahur , sampai terbenamnya matahari (setelah datangnya waktu maghrib) yang di tutup dengan berbuka puasa , meski pada dasarnya makan sahur bukan suatu kewajiban tetapi lebih mengarah pada sunah , namun termasuk sunah yang di haruskan.

Doa Berbuka Puasa Dan Makan Sahur Ramadhan Yang Benar

Do'a Berbuka Puasa Yang Shahih Dan Makan Sahur Ramadhan Beserta Artinya

Salah satu hal yang tidak boleh tertinggal dalam melakukan puasa ini yakni doa niat puasa ramadhan , yang mana mesti di bacakan pada malam hari , alasannya yakni kalau niat ini tertinggal maka tidak sah puasanya serta pada siang harinya tetap harus menahan lapar sebagaimana orang yang berpuasa , dan di bulan lain wajib qadha. Maka niat ini merupakan suatu hal yang penting yang tidak boleh di lalaikan.

Doa Berbuka Puasa

اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allohumma lakasumtu wabika aamantu wa'alaa rizqika afthortu birohmatika yaa arhamar rohimiin.

Doa Makan Sahur

Doa sebelum makan sahur sama halnya menyerupai bacaan sebelum makan pada umumnya , alasannya yakni tidak ada doa yang di khusus untuk makan sahur sebagai mana doa sebelum berbuka puasa , namun kalau kalian merasa galau apa yang harus di baca sebelum sahur maka mampu mengamalkan doa sebelum makan di bawah ini.

Pertama :

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“Ya Yang Mahakuasa , berkahilah untuk kami apa yang Engkau karuniakan kepada kami dan peliharalah kami dari adzab neraka” (HR. Imam Malik dalam Al Muwatha’; dinilai dhaif oleh Ibnu Hajar Al Asqalani dan Adz Dzahabi).

Kedua :

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيهِ وَارْزُقْنَا خَيْرًا مِنْهُ

“Ya Yang Mahakuasa , berkahilah kami pada makanan ini dan berilah kami rezeki yang lebih baik daripadanya”

Ke tiga :

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيهِ وَأَطْعِمْنَا خَيْرًا مِنْهُ

“Ya Yang Mahakuasa , berkahilah kami pada makanan ini dan berilah kami makanan yang lebih baik daripadanya”

"Wallahu a’lam bish shawab" Semoga doa buka puasa makan sahur ramadhan di atas mampu bermanfaat bagi kita semua. Serta mampu melakukan puasa dengan lancar sampai selesai , bagi yang belum hafal silahkan di baca berulangkali biar lebih faham lagi. mohon maaf atas segala kesalahan dan kekurangannya.

Tag : do'a berbuka puasa yang shahih dan makan sahur ramadhan beserta artinya senin kamis , qadha , arafah , niat , daud , qadha , nazar.

Previous
Next Post »