Doa Saat Ibu Hamil Mengandung Dan Melahirkan Lengkap

Doa Saat Ibu Hamil Mengandung Dan Melahirkan Lengkap - Bagi semua orang yang telah berkeluarga , anak akan menjadi salah satu yang sangat di dambakan kehadirannya , terlebih lagi yang sholeh dan sholehah , karena dengan hadirnya buah hati selain akan mampu lebih memperat tali ijab kabul tetapi juga sekali gus akan menjadi simbol dari bunga-bunga yang cantik dalam mengarungi bahtera rumah tangga.

Keluar dari permasalahan di atas bahwa anak juga bukan hanya menjadi suplemen kehidupan berumah tangga tetapi sebaliknya mampu menjurumuskan orang tuanya sendirinya dengan kata lain yaitu orang renta di alam abadi nanti akan di mintai pertanggun balasan atas anak tersebut baik dari sisi moral dan ibadahnya. Karena kewajiban mendidik anak semoga mengenal allah serta mengajarkan mereka untuk taat terhadap aturan-aturan allah yaitu kewajiban orang tua.

Maka salah satu tuntutan bagi setiap orang renta yang harus di laksanakan yaitu membentuk akhlakul karimah pada diri setiap anak dengan cara mengejarkan mereka kebaikan-kebaikan dan mengenalkannya terhadap semua hal yang berafiliasi dengan ketauhidan. Mulai dari kapan hal ini harus di lakukan? jawabannya semenjak belum dewasa masih berada di dalam kandungan.

Doa Saat Ibu Hamil Mengandung Dan Melahirkan Lengkap

Ada banyak ragam yang sudah membudaya di kalangan umat islam ketika anak masih berada di dalam kandungan menyerupai mengadakan 4 bulanan dengan membacakan ayat-ayat al-qur'an di antaranya surat yusuf , maryam , yasin dan sebagainya. Dan selain itu orang renta juga di anjurkan untuk selalu membaca al-qur'an setiap hari , dzikir dan membaca doa ketika hamil menyerupai amalan di bawah ini.

Amalan wanita hamil

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ [الفرقان : 74]

Robbanaa hab lanaa min azwaajinaa wa dzurriyyatinaa qurrota a’yun

Artinya : Ya Tuhan kami , anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami) , dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa. (QS. 25:74)

Dibaca setiap waktu sesering mungkin

Doa semoga mudah melahirkan

ﺤﻨﺎ ﻭﻟﺪﺖ ﻤﺭﻴﻡ ﻭﻤﺭﻴﻡ ﻭﻟﺪﺖ ﻋﻴﺴﻰ ﺍﺨﺮﺝ ﺍﻴﻬﺎ ﺍﻟﻤﻮﻟﻮﺪ ﺒﻗﺪﺮﺓ ﺍﻟﻤﻠﻚ ﺍﻟﻤﻌﺒﻮﺪ

Hannaa Waladat Maryama Wa Maryama Waladat ‘Iisaa Ukhruj Ayyuhal Mauluudu Biqudrotil Malikil Ma’buudi.

Artinya : Hana melahirkan Maryam , sedangkan Maryam telah melahirkan ‘Isa. Keluarlah (lahirlah) hai anak dengan karena kekuasaan Raja (Allaah) yang disembah.

Amalan ini di bacakan ketika peroses melahirkan secara berulang kali oleh yang melahirkan dan orang-orang yang ada di sana.

Doa sesudah melahirkan

أُعِيْذُهُ بِالوَاحِدِ الصَّمَدِ مِنْ شَرِّ كُلِّ ذِى حَسَدٍ

“U’iidzuhuu bil waahidis shomadi min syarri kulli dzii hasadin”

Artinya : "Aku berlindung akannya dengan pertolongan Tuhan yang Esa yang ditumpu segala kehendak kepadaNya daripada sekalian yang mempunyai dengki"

Dibaca 3/7 X

Setelah bayi lahir diadzani ditelinga sebelah kanan dan dibacakan doa

إِنّى أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ ( آل عمران 36

“Innii u’iidzuhaa bika wa dzurriyyatahaa minas syaithoonir rojiimi

Artinya : Sesungguhnya gua mohon bantuan untuknya serta belum dewasa keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau daripada setan yang terkutuk.(QS. 3:36).

Kemudian dibacakan kalimah Iqomah ditelinga sebelah kiri , diberi nama yang bagus , dicukur rambutnya , dicelaki dan disuapi makanan-makan yang manis menyerupai madu , kurma dll. Sambil dibacakan doa

اللهم بارك لنا ولهذا الولد في حياته وطول عمره بطاعتك يا ارحم الراحمين

“Allaahumma baarik lanaa wa lihaadzal waladi fii hayaatihii wa thowwil ‘umrohuu bi thoo’atika Yaa arhamar Roohimiin”

Artinya : “Ya Yang Mahakuasa , berikanlah keberkahan pada kami dan anak ini , serta panjangkan umurnya dengan senantiasa (menjalani) taat kepada-Mu wahai Dzat Yang paling menyayangi diantara yang menyayangi”

5. Doa mencium anak kecil

اللهم حببه واحب من يحبه

Allaahumma habbibhu wa ahibba man yuhibbuhuu

Artinya : Ya Yang Mahakuasa cintailah ia dan cintai pula orang-orang yang mencintainya

Nah itulah di antara rangkuman doa ketika ibu hamil sampai melahirkan , dengan mengamalkannya secara baik mudah-mudahan ia nantinya menjadi anak shleh dan shalihah.

Selain memiliki anak , kebanyakan insan juga ingin hidupnya bahagia serta tercukupi dalam perekonomian , untuk memenuhi hal tersebut selain bekerja kita pun di anjurkan untuk selalu mengamalkan doa cepat kaya karena bekerja dan doa menadi dua hal yang mutlak dalam menerima hasil maksimal.

Previous
Next Post »