Hal-Hal Yang Membatalkan Puasa Wajib Di Bulan Ramadhan Selain Makan Dan Minum Untuk Laki-Laki Dan Wanita

Hal-Hal Yang Membatalkan Puasa Wajib Di Bulan Ramadhan Selain Makan Dan Minum Untuk Laki-Laki Dan Wanita - Puasa yaitu salah satu bentuk ibadah yang dikerjakan dengan cara menahan diri dari makan dan minum serta hal-hal yang dapat membatalkan pada puasa tersebut , dengan tujuan selain menjalankan perintah alloh swt tetapi juga sekaligus mendekatkan diri kepadanya. Terdapat dua jenis dari puasa ini yang pertama puasa wajib yang di laksanakan pada bulan ramahan dan yang kedua puasa sunnah menyerupai senin kamis dan yang lainnya.

Banyak sekali larangan-larang yang mesti di jauhi oleh orang yang sedang melakukan puasa ini , yang mana hal tersebut kalau di sabung bukan hanya mampu membatalkan puasa hingga di katagorikan dosa tetapi juga mampu mengurangi pahala bahkan merusak pahala tersebut. Bahkan yang Pada hari-hari biasa di halalkan pun pada dikala menjalankan ibadah ini di haramkan menyerupai halnya makan dan minum , tetapi larangan tersebut bukan berarti buruk tetapi justru bagi yang taat serta menahannya akan menerima pahala yang berlipat ganda.

Di dalam islam segala hal yang di wajibkan serta di haramkan pasti tersimpan manfaat yang begitu besar bagi kehidupan insan misalnya menjalankan puasa selama sebulan penuh , kalau di cermati dengan hawa nafsu atau sepintas saja , justru puasa ini dapat menjadikan lapar serta lelah , sehingga secara budi orang yang telat makan maka akan lebih mudah terserang banyak sekali macam penyakit apalagi ini selama sebulan penuh , tapi justru menurut jago kesehatan puasa ini sebaliknya yaitu dapat menjaga kekebalan tubuh serta menyehatkan tubuh menyerupai halnya mengatasi persoalan peradangan , menyehatkan sistem pencernaan , mengurangi kadar gula darah , meningkatkan pembakaran lemak , mengurangi hipertensi , membantu menjaga Berat tubuh , meningkatkan kebiasaan diet yang sehat , membantu mengatasi persoalan Kecanduan serta banyak lagi yang lainnya. Dengan begitu mampu di yakinkan bahwa larangan atau perintah alloh swt adalh yang terbaik untuk seluruh hambanya.

Hal-Hal Yang Membatalkan Puasa Wajib Di Bulan Ramadhan Selain Makan Dan Minum Untuk Laki-Laki Dan Wanita

Lalu apa saja hal-hal yang mesti kita jauhi ketika berpuasa selain makan dan minu ,? Selain syarat dan rukun puasa yang harus di laksanakan banyak yang membatalkan puasa> yang mesti di tahan ketika berpuasa tersebut , terutama kalau menginginkan puasa yang tepat baik itu yang mampu mendatangkan pahala hingga puasa dapat menyehatkan tubuh , di antaranya yaitu.

Hal-Hal Yang Membatalkan Puasa

1. Melakukan kekerabatan tubuh secara sengaja di waktu siang.
2. Muntah dengan sengaja
3. Haid Dan Nifas
4. Gila (hilang akal)
5. Memasukan Benda melalui Kubul dan Dhubur
6. Mengeluarkan mani dengan sengaja menyerupai halnya onani
7. Murtad
8. Memasukan benda atau sejenisnya ke dalam lubang pada anggota tubuh yang mana lubang tersebut berkesinambungan pribadi kepada lambung.

Jika hal tersebut tidak di sengaja atau kita tidak ingat bahwa sedang berpuasa maka hal tersebut tidak membatalkan , menyerupai halnya keluar mani karena mimpi , atau ketika pulang kerja kita pribadi minum tanpa di sadari bahwa dikala itu sedang berpuasa maka tidak membatalkan meski minumnya sebanyak satu galon , asal dengan catatan "lupa" bukan lupa-lupaan. Namun kalau pas tengah-tengah melkukan minum lalu kita ingat bahawa ini sedang berpuasa maka segera lah muntahkan. Semua hal yang mampu membatalkan puasa di atas hanyalah sebagian besarnya , karena pada dasarnya masih banyak lagi yang perlu di perhatikan ketika menjalankan puasa terutama yang bekerjasama dengan pahala puasa.

Hal-Hal Yang Dapat Mengurangi atau Menghilangkan Pahala Puasa

1. Marah
2. Perkataan Palsu atau berdusta termasuk Memberi Kesaksian Palsu
3. Melakukan Hal Yang Sia-Sia
4. Tidur sepanjang hari.
5. Berbicara kotor Termasuk Membicarakan keburukan orang lain (Menggunjing).
6. Melihat Lawan Jenis Lalu Timbul Nafsu.
7. Mencuri

Lalu bagaimana kalau ada pertanyaan , bagaimana dengan menangis , apakan membatalkan puasa.? Menangis ketika berpuasa apa pun penyebabnya tidak membatalkan pada puasa , namun kalau menangis tersebut di sebabkan karena hal yang tidak bermanfaat misalnya karena putus sama pacar atau menangis karena ingin membeli kendaraan beroda empat gres atau yang lainnya maka mampu mengurangi bahkan menghilangkan pahala puasa , apalagi menangisnya hingga tak sadarkan diri menyerupai hingga meraung-raung , sebaliknya kalau karena sedang mengingat dosa menyerupai dikala berdoa maka itu bagus.

Banyak Perkara yang mesti di perhatikan dikala berpuasa terutama puasa wajib di bulan ramadhan , yang kalau melanggar salah satu yang mampu membatalkan puasa maka seseorang di wajibkan untuk mengqadhanya dengan niat puasa qadha yang di laksanakan pada bulan syawal dan yang lainnya. Mudah-mudahan pembahasan ini mampu bermanfaat bagi kita semua.

Previous
Next Post »