Niat Doa Membayar Dan Menerima Zakat Fitrah Ramadhan Yang Shahih Sesuai Sunnah

Niat Doa Membayar Dan Menerima Zakat Fitrah Ramadhan Yang Shahih Sesuai Sunnah - Membayar zakat fitrah merupakan kewajiban yang harus di penuhi oleh setiap umat muslim seluruhnya baik itu wanita , laki-laki , anak kecil , orang sampaumur bahkan orang renta sekalipun yaitu dengan cara menawarkan sesuatu yang berharga atau makanan yang mampu di jadikan kekuatan ibarat beras kepada orang yang berhak menerimanya. Namun di indonesia sendiri membayar zakat biasanya di tampung di suatu daerah lalu nanti di atur cara pembagiannya oleh pengurus atau di sebut juga dengan amil.

Di antara orang yang berhak mendapatkan zakat fitrah ini yaitu ada delapan golongan ibarat orang fakir yaitu orang yang tidak mempunyai harta juga pekerjaan. Miskin yaitu mereka yang memiliki pekerjaan juga harta namun kesemuanya itu tidak mencukupi kesehariannya. Amil/Amilin yaitu mereka yang di tunjuk oleh imam atau pemerintah untuk mengurusi zakat tersebut mulai dari penarikan sampai pembagiannya. Mu'alaf yaitu mereka yang gres masuk islam.

Selanjutnya Riqab yaitu budak yang di merdekakan oleh tuannya. Sabilillah yaitu mereka yang berjuang di jalan allah. Gharimin yaitu orang yang memiliki hutang dan yang terakhir ialah ibnu sabil. Itulah di antara orang yang berhak mendapatkan zakat , keluar dari orang-orang tersebut maka tidak ada bagiannya.

Niat Doa Membayar Dan Menerima Zakat Fitrah Ramadhan Yang Shahih Sesuai Sunnah

Di karenakan zakat fitrah ini termasuk salah satu ibadah yang di wajibkan , maka pastinya terdapat tata cara biar pekerjaan ibadah tersebut syah , terutama bagi orang yang membayarnya atau memberinya di antara salah satu hal paling penting ialah membaca niat zakat fitrah yang di ucapkan dikala menawarkan apa yang di zakatkan , sementara bagi orang yang mendapatkan pun sebaiknya mendoakan orang yang mengeluarkan zakat alasannya ialah saling mendoakan anatar sesama muslim terhadap hal yang baik menjadi suatu keharusan yang di anjurkan.


Bacaan Doa Ketika Menerima Zakat

آجَرَكَ اللهُ فِيْمَا اَعْطَيْتَ، وَبَارَكَ فِيْمَا اَبْقَيْتَ وَجَعَلَهُ لَكَ طَهُوْرًا

Aajarakallaahu fiimaa a'thoita wabaaroka fiimaa abqoitawaja'alahu laka thohuuron

Artinya : Semoga Yang Mahakuasa menawarkan pahala kepadamu pada barang yang engkau berikan (zakatkan) dan semoga Yang Mahakuasa memberkahimu dalam harta-harta yang masih engkau sisakan dan semoga pula menjadikannya sebagai pembersih (dosa) bagimu

Bacaan doa mendapatkan zakat fitrah ini harus di bacakan ketika anda mendapatkan barang yang di zakat kan , alasannya ialah ini akan menjadi suatu kebaikan antara sesama muslim. Itu saja pembahasan perihal doa zakat , mudah-mudahan banyak manfaatnya.

Previous
Next Post »