Latest News

Bacaan Doa Tata Cara Niat Sholat Hari Raya Idul Fitri

Bacaan Doa Tata Cara Niat Sholat Hari Raya Idul Fitri - Idul fitri atau hari raya lebaran yaitu salah satu momen yang sangat spesial bagi kalangan umat muslim , alasannya yaitu bukan hanya mereka merasa gembira dikarenakan telah selesai melaksanakan puasa ramadhan selama sebulan penuh tetapi juga diri setiap muslim kembali pada kesucian atau dosa-dosa seluruh umat insan di ampuni pada hari tersebut , maka tidak heran kalau setiap hari raya ini datang orang muslim menyambutnya dengan penuh riang dan gembira , yang mana hal tersebut di simbolkan dengan cara membacakan takbir hari raya idul fitri mulai dari malamnya.

Namun di samping kegembiraan tersebut ada suatu hal yang harus di lakukan setiap umat muslim pada hari raya ini yaitu sebuah sholat sunnah ied idul fitri yang memiliki hukum sebagai sunnah muakad , yaitu sangat di anjurkan untuk di laksanakan oleh setiap orang yang sudah baligh dan bakir sebagaimana baginda rosul pun tidak pernah meninggalkannya selama hidupnya.

Adapun waktu pelaksanaan sholat idul fitri ini , sama halnya ibarat idul adha atau hari raya qurban yaitu setelah matahari terbit atau tingginya seukuran satu tombak hingga tergelincir , namun ada sedikit perbedaan yang di utamakan dari waktu di mulai sholat tersebut yaitu kalau ied idul fitri lebih utama agak di akhirkan dengan alasan semoga orang-orang yang belum membayar zakat fitrah masih ada waktu , sedangkan kalau idul adha lebih utama di awal waktu dengan tujuan semoga orang-orang bisa segera melaksanakan sembelih hewan qurban.

Bacaan Doa Tata Cara Niat Sholat Hari Raya Idul Fitri

Jika pada hari raya idul adha terdapat ibadah sunnah lainnya ibarat puasa sebelum idul adha dengan nama lain puasa arafah dan tarwiyah , pada hari raya idul fitri pun sama yang namun di laksanakan setelahnya yang di sebut dengan puasa syawal 6 hari serta yang lainnya. Mengenai jumlah rakaat pada sholat ied idul fitri ini yaitu sebanyak dua rakaat yang mana setelah
selesai melaksanakannya di akhiri dengan khutbah yang di lakukan oleh khotib , namun ada hal yang di sunahkan sebelum melaksanakan sholat ini yaitu melaksanakan mandi hari raya yang di sertai dengan bacaan niat atau doa mandinya. Dan berikut tuntunan atau panduan sholat ied idul fitri yang tidak jauh berbeda dengan idul adha.

1. Niat sholat idul fitri

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ اِمَامًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli sunnata 'iidhil fithri rakataini mustakhbilal qiblati imaaman lillaahi ta'aala

Artinya : Saya niat sholat sunnah idul fitri dua raka'at menghadap kiblat sebagai imam karena Tuhan Ta'ala


Niat Sholat Sunah Hari Raya Idul Fitri sebagai Ma'mum

اُصَلِّى سُنُّةً عِيْدِ الْفِطْرِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ الْقِبْلَةِ مَأْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى

Usholli sunnata 'iidhil fithri rakataini mustakhbilal qiblati ma'muman lillaahi ta'aala

Artinya : Saya niat sholat sunnah idul fitri dua raka'at menghadap kiblat sebagai ma'mum karena Tuhan Ta'ala

2. Takhbirotul ikhram

3. Selanjutnya melaksanakan takbir zawa-id atau komplemen sebanyak 7 kali selain takhbirotul ikhram untuk rakaat pertama. Sedangkan pada rakaat ke dua sebanyak 5 kali selain takhbir ketika bangkit yang mana di antara takhbir tersebut di selangi dengan bacaan :

Bacaan takhbir sholat ied idul fitri dan idul adha

سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاَللَّهُ أَكْبَرُ . اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي وَارْحَمْنِي

Subhanallah wal hamdulillah wa laa ilaha illallah wallahu akbar. Allahummaghfirlii war hamnii

Artinya : Maha suci Tuhan , segala kebanggaan bagi-Nya , tidak ada sesembahan yang benar untuk disembah selain Allah. Ya Tuhan , ampunilah gue dan rahmatilah aku

4. Setelah selesai di lanjut membaca surat fatihah begitu juga pada rakaat kedua

5. membaca salah satu ayat dari al-quran sesuai kemampuan namun di utamakan membaca surat Qaaf pada raka’at pertama dan surat Al Qomar pada raka’at kedua atau Al A’laa dan surat Al Ghosiyah

6. Ruku. untuk selanjutnya sama ibarat sholat pada umumnya baik itu pada gerakan atau bacaannya

Setelah selesai melaksanakan sholat di lanjutkan dengan khutbah idul fitri yang di lakukan oleh imam atau khotib , sedangkan jamaah hanya di tugaskan untuk mendengarkannya saja. lebih baik kalau khutbah ini berisikan hal-hal yang bersangkutan dengan suasana dan kondisi ibarat nasihat puasa , zakat fitrah keutamaan atau keistimewaan idul fitri dan lain sebagainya. Setelah selesai alangkah baiknya kalau di lanjut dengan musafahah bersama.

Sedikit komplemen kalau sholat idul fitri tersebut jatuh pada hari jumat , maka terdapat dua pilihan boleh tidak mengikuti sholat jumat dan bisa juga mengikuti namun bagi imam di anjurkan untuk datang sholat jumat semoga orang-rang mengikutinya , namun tetap bagi yang tidak melaksanakan jumat maka di haruskan untuk sholat dzuhur.

0 Response to "Bacaan Doa Tata Cara Niat Sholat Hari Raya Idul Fitri"