Peristiwa Penting Bersejarah Dalam Bulan Muharram

Peristiwa Penting Bersejarah Dalam Bulan Muharram - Muharram merupakan salah satu awal bulan dalam hitungan tahun hijriyah atau populer juga dengan sebuan tahun gres islam. Penamaan muharram sendiri di ambil dari bahasa arab yaitu محرّم yang maksudnya di haramkan untuk melaksanakan peperangan atau pertumpahan darah dan sebagainya. Tetapi semenjak pembukaan makah umat islam mulai di perbolehkan lagi melaksanakan acara peribadahan dan kesehariannya tanpa terikat lagi dengan aturan tersebut.

Selain memiliki aneka macam sejarah berharga sepanjang perkembangan islam , Bulan muharram ini juga termasuk bulan yang agung atau mulai bahkan di sebut dengan bulannya allah. Karena itu di anjurkan kepada semua muslim untuk lebih memperbanyak aneka macam amal soleh dan kebaikan menyerupai shodaqoh , membantu fakir miskin serta amalan-amalan lainnya yang sering di laksanakan di bulan lainnya.

Bagi siapa saja yang ingin menerima pahala besar maka perbanyak ibadah di bulan ini alasannya termasuk waktu yang di unggulkan selain ramadhan salah satu buktinya yaitu di perintahya puasa bulan muharram asyura dan tasu'a yang mana bagi melaksanakannya akan di berikan sebuah hadiah sangat besar sekali yaitu di hapusnya dosa-dosa kecil selama setahun yang lalu.

Peristiwa Penting Bersejarah Dalam Bulan Muharram

Hal lain yang membuat bulan muharram ini di agungkan serta sangat di sepesial yaitu terdapatnya 20 peristiwa penting yang begitu bersejarah di bulan muharram ini yang mana hal tersebut menyangkut dengan perkembangan agama islam di dunia ini , dan berikut ialah dongeng di antaranya.

1. Tuhan menyebabkan Malaikat Jibril
2. Nabi Ayub dipulihkan Tuhan dari penyakit kulit yang dideritainya
3. Hari pertama Tuhan menurnkan hujan
4. Nabi Yunus selamat keluar dari perut ikan paus setelah berada di dalamnya selama 40 hari 40 malam
5. Nabi Isa diangkat ke langit.
6. Nabi Adam bertaubat kepada Allah
7. Hari pertama Tuhan menciptakan alam
8. Nabi Nuh diselamatkan Tuhan keluar dari perahunya sesudah bumi ditenggelamkan selama 6 bulan
9. Tuhan menurunkan kitab Taurat kepada Nabi Musa
10. Tuhan menyebabkan Luh Mahfuz
11. Hari Pertama Alllah menurunkan rahmat
12. Penglihatan Nabi Yaakob yang kabur dipulihkkan Allah
13. Nabi Sulaiman dikurniakan Tuhan kerajaan yang besar
14. Nabi Yusuf dibebaskan dari penjara
15. Tuhan menyebabkan ‘Arasy
16. Nabi Idris diangkat oleh Tuhan ke langit.
17. Tuhan menyebabkan alam
18. Laut Merah terbelah dua untuk menyelamatkan Nabi Musa dan pengikutnya dari tentera Firaun
19. Kesalahan Nabi Daud diampuni Allah
20Nabi Ibrahim diselamatkan Tuhan dari pembakaran Raja Namrud

10 Muharram – Dinamakan juga hari “Asyura” pada hari itu banyak terjadi peristiwa penting yang mencerminkan kegemilangan bagi usaha yang gigih dan sabar dari menegakkan keadilah dan kebenaran.
1 Muharram – Khalifah Umar Al-Khattab mula membuat penetapan kiraan bulan dalam Hijrah.

Itulah di antara peristiwa bulan muharram yang sepatutnya di ketahui oleh semua umat muslim alasannya sejarah ini mampu menjadi sebuah pemahaman yang mampu mendorong kecintaan seseorang terhadap agama islam ini. Serta mampu menjadi salah satu hal yang mampu menguatkan kepercayaan dan ketaqwaan setiap hamba kepada sang penciptanya allah swt.

Previous
Next Post »