Tanda-Tanda Datangnya Malam Lailatul Qadar Menurut Sunnah 2017

Tanda-Tanda Datangnya Malam Lailatul Qadar Menurut Sunnah 2017 - Datangnya bulan ramahan menjadi suatu kegembiraan yang tiada bandingnya bagi seluruh umat islam di dunia , karena di bulan ini terdapat salah satu malam istimewa yang di dalamnya menyisihkan aneka macam keunggulan , sebagian pendapat ada yang berkata bahawa waktu tersebut di ibaratkan seribu malam yang menunjukkan manfaat sangat besar yaitu lailatl qadar.

Maka dengan begitu besarnya keistimewaan malam tersebut , tidaklah heran jikalau setiap muslim berlomba-lomaba untuk mencarinya semoga mampu menerima serta mencicipi keagungan malam tersebut , meski pada dasarnya tidak semua mendapatkannya , alasannya hanya orang-orang yang terpilihlah yang akan menerima lailatul qadar tersebut , yaitu mereka-mereka yang selalu taat beribadah dan mengamalkan segala hal dengan tujuan mendekatkan diri kepada alloh swt selama hidupnya , terutama memperbanyak amalan-amalan selama bulan mulia ramadhan penuh.

Lalu kapan datangnya malam lailatul qadar tersebut ,?. Dalam hal ini belum ada keterangan yang menyatakan dengan terang bahwa lailatul qadar tersebut akan datang pada malam ini atau malam itu meski ada salah satu hadist yang menyatakan bahwa malam lailatul qadar tersebut datangnya pada malam 27 ramadhan sebagai mana yang di riwayatkan ahmad , dari abduloh bin umar "Rosululloh saw bersabda , Barang siapa yang ingin menjumpai malam lailatul qadar maka hendaklan mencarinya pada tanggal 27 (HR.AHMAD) Namun ada juga hadist yang menyatakan bahwa malam lailatul qadar tersebut datangnya yaitu pada 10 malam terakhir bulan mulia ramadhan , sebagaimana yang di riwayatkan oleh bukhori dan mulim yaitu :

تَحَرَّوْا لَيْلَةَ الْقَدْرِ فِى الْعَشْرِ الأَوَاخِرِ مِنْ رَمَضَانَ

“Carilah lailatul qadar pada sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadhan.”

Tanda-Tanda Datangnya Malam Lailatul Qadar Menurut Sunnah 2017

Meski dallam hal ini terdapat beberapa ulama yang berbeda pendapat , pendapat yang paling mampu di percaya yaitu datangnya pada malam-malam ganjil mirip malam tanggal 21 , 23 , 25 , 27 , dan 29.

Maka jikalau demikian , alangkah baiknya jikalau ramadhan telah memasuki tanggal 20 untuk meningkatkan aneka macam amalan-amalan mirip shalat malam , memperbanyak doa , dzikir , shalat , i'itikaf di mesjid serta yang lainnya , alangkah baiknya juga jikalau hal mirip ini di lakukan semenjak awal puasa , karena allah swt yaitu yang maha tahu tehadap semua amalan hambanya.

Lalu bagai mana cara kita mampu mengetahui malam malam lailatul qadar itu tiba , dalam hal ini rosullulloh saw telah menunjukkan gambaran kepada umat nya yang di antaranya yaitu :

1. لَيْلَةُ القَدَرِ لَيْلَةٌ سَمْحَةٌ طَلَقَةٌ لَا حَارَةً وَلَا بَارِدَةً تُصْبِحُ الشَمْسُ صَبِيْحَتُهَا ضَعِيْفَةٌ حَمْرَاء

“Lailatul qadar yaitu malam yang penuh akomodasi dan kebaikan , tidak begitu panas , juga tidak begitu cuek , pada pagi hari matahari bersinar tidak begitu cerah dan nampak kemerah-merahan.” (HR. Ath Thoyalisi dan Al Baihaqi)

2. هِىَ اللَّيْلَةُ الَّتِى أَمَرَنَا بِهَا رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- بِقِيَامِهَا هِىَ لَيْلَةُ صَبِيحَةِ سَبْعٍ وَعِشْرِينَ وَأَمَارَتُهَا أَنْ تَطْلُعَ الشَّمْسُ فِى صَبِيحَةِ يَوْمِهَا بَيْضَاءَ لاَ شُعَاعَ لَهَا.

“Malam itu yaitu malam yang cerah yaitu malam ke dua puluh tujuh (dari bulan Ramadhan). Dan tanda-tandanya ialah pada pagi harinya matahari terbit berwarna putih tanpa memancarkan sinar ke segala penjuru.” (HR. Muslim)

3. Pada malam lailatul qadar udara dan suasana sangat sejuk dan hening , tidak cuek dan juga tidak panas karana pada malam tersebut malaikat menurunkan ketenangan kepada setiap orang serta kelezatan dalam ibadah.

Mengingat begitu istimewanya malam lailatul qadar ini maka alangkah baiknya jikalau kita mencarinya dengan cara memperbanyak ibadah-ibadah kepada allah swt , dengan impian semoga apa yang di harapkan yaitu berjumpa dengan malam tersebut mampu kita temui. karena orang yang akan mendapatkannya yaitu mereka yang mencarinya , meski hakikatnya yaitu allah swt.

Selain mencari atau memburu malam lailatul qadar banyak lagi hal-hal yang harus di perhatikan dalam puasa ramadhan ini mirip halnya melakukan niat zakat fitrah dan yang lainnya , yang mana hal tersebut menjadi kewajiban setiap muslim untuk di laksanakan. Semoga pembahasan ini bermanfaat serta menambah pengetahuan yang membacanya.

Previous
Next Post »