Bacaan Niat Puasa Sunnah Senin Kamis Dan Doa Berbukanya Lengkap Menurut Islam

Puasa senin kamis yaitu salah satu jenis puasa yang termasuk pada kategori sunnah , juga merupakan yang selalu rosululloh saw kerjakan semasa hidupnya , oleh alasannya yaitu itu alangkah baiknya kita sebagai umat-nya untuk senantisa mengerjakan puasa ini biar kita termasuk pada umat nabi yang taat terhadap aturan-aturannya , alasannya yaitu kita yakin barang siapa yang selalu mengikutinya maka kita akan menerima safaat di yaumul selesai nanti.

Ada apa belakang layar di balik ibadah sunnah ini , sehingga rosul selalu mgerjakan , bahkan tidak pernah meninggalkannya ? Ternyata selain banyak keutamaan dan manfaat-nya , pada senin dan kamis segala amal umat insan di persembahkan kecuali orang-orang yang bermusuhan , dalil yang mengambarkan perihal ini yaitu di riwayatkan oleh tirmidzi dan tentunya shahih.

Jangan akan di periksa oleh sang maha kholik rab semesta alam , di perhatikan oleh atasan kerja atau guru pun pastinya kita ingin menunjukkan yang terbaik , segala hal pasti di kerjakan untuk menerima nilai terbaik. Ini allah swt yang memiliki dan menciptakan kita , semua kehidupan berada di tangannya , maka tentu hal paling istimewapun ingin di persembahkan. Maka dari itulah rosululloh saw mengerjakan puasa ini biar saat amal di periksa sedang berada dalam keadaan suci , tentunya dengan niat puasa senin kamis yang baik dan benar.

Bacaan Niat Puasa Senin Kamis Dan Doa Berbukanya Menurut Islam

Untuk cara mengerjakan puasa sunnah ini , sama hal-nya menyerupai pada umumnya (misalnya puasa wajib) yaitu di mulai semenjak keluarnya fajar (waktu Subuh) hingga terbenamnya matahari (waktu maghrib). Walaupun puasa ini hukumnya sunnah tetapi untuk syarat dan rukun harus di laksanakan sebagaimana sebagai mana mestinya , di antaranya yaitu menghadirkan niat puasa.

Niat puasa termasuk pada kategori rukun , sehingga jikalau di tinggalkan maka tidak sah puasanya , alasannya yaitu salah satu rukun tertinggal , maka tidak boleh tidak niat ini harus terlaksanakan. Para ulama fikih sepakat , waktu membacakan atau menghadirkannya yaitu pada malam hari atau sebelum datangnya-nya waktu di mualai-nya puasa , tetapi ada kemurahan pada puasa sunat , jikalau lupa maka bisa di waktu siang asalkan kita belum mengerjakan aktivitas-aktivitas yang bisa membuat puasa tersebut batal misalkan makan dan minum. Untuk niat-nya bisa di simak di bawah ini :

Niat Pusa Sunnah Hari Senin


نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma yaumal isnaini sunatan lillahi taala

Artinya : Aku niat puasa sunat hari senin alasannya yaitu alloh taala.

Niat Puasa Sunnah Hari Kamis


نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ الْخَمِيْسِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma yaumal khomsi sunatan lillahi ta'ala

Artinya : Aku niat puasa sunat hari kamis alasannya yaitu allah taala

Doa Berbuka Puasa


اَللّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِكَ آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ

Allahumma lakasumtu wabika aamantu wa'ala rizkika afthortu birohmatika yaa arhama roohimin

Artinya : Ya alloh karenamu gue berpuasa denganmu gue beriman , kepadamu gue berserah dan dengan rizkimu gue berbuka , dengan rahmatmu ya alloh ilahi maha pengasih.

Untuk Tempat pelafadan niat yaitu di dalam hati , sedangkan pelafadan niat di lisan yaitu sunat dengan tujuan untuk membantu meluruskan niat di dalam hati , dan boleh membcakan niat ini dengan bahasa arab , latin dan juga artinya , tinggal kita pilih mana yang kita mampu.

Itulah pembahasan perihal niat puasa senin kamis semoga dengan adanya tilisan ini kita semua termotivasi untuk senantiasa mengerjakannya , dan mudah-mudahan juga bermanfaat. Untuk Mengetahui dari manfaat shalat tasbih bisa di lihat pada halaman shalat tasbih.

Previous
Next Post »