Bacaan Sholat Jenazah Perempuan Laki Laki Lengkap Pendek Panjang Dalam Bahasa Arab Dan Latin

Bacaan sholat mayat merupakan sebuah kalimat yang di bacakan ketika sedang melaksanakan sholat tersebut , berisikan doa serta permohonan ampun semoga si mayit tersebut mendapat kan maaf dari allah swt atas segala dosa yang pernah di perbuatnya ketika beliau masih hidup , juga berisikan permohonan semoga si mayit tersebut menerima rahmat allah serta di tempatkan di daerah yang di ridoi.

Terdapat dua jenis bacaan yang sering di ucapkan kebanyakan orang ketika melaksanakan sholat mayat yang pertama berupa bacaan pendek dan yang kedua yang panjang , meski pun begitu makna dan tujuan kedua doa tersebut sama. Untuk itu bagi kalian yang hendak melaksanakan shlat mayat ini silahkan di pilih mana yang kalian bisa , tetapi saya sendiri sering membaca doa yang kebanyakan orang bacakan dan yang banyak di ajarkan oleh para kiyai , yang bacaan nya nanti akan di tulis di bawah.

Bagi kalian yang belum paham bagai mana wacana tata cara sholat jenazah , akan kami sedikit beri gambaran di sini , meski bersama-sama telah kami jelaskan pada pembahasan sebelumnya secara terperinci baik itu bacaan doa sholat mayat atau niatnya bahkan hingga doa setelahnya. Sholat mayat ini berbeda dengan sholat pada umumnya yang mana biasanya ada gerakan ruku , sujud , tasyahud serta yang lainnya.

Bacaan Sholat Jenazah Lengkap Pendek Dan Panjang Dalam Bahasa Arab Dan Latin

Namun pada sholat mayat ini tidak terdapat semua itu , yang mana kita hanya melaksanakan takhbirotul ikhram yang di lanjut dengan takhbir 3 kali , jadi jumlah takhbirnya 4 kali dengan takhbirotul ikhram yang di setiap setelahnya membacakan fatihah , shalawat nabi , serta doa , yang di tutup dengan salam , serta di kerjakan sambil berdiri. Berikut bacaan doa yang di bacakan ketika sholat jenazah.

Pertama setelah takhbirotul ikhram di lanjut membaca surat fatihah hingga selesai. Setelah selesai di lanjut lagi melaksanakan takhbir sambil mengankat kedua tangan setelah itu di lanjut membaca shalaeat nabi. Lalu takhbir lagi , Nah setelah takhbir ini kita membaca doa :

Bacaan Sholat Jenazah Pendek :

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ

Ya Yang Mahakuasa , ampuni dan rahmatilah dia. Selamatkanlah dan maafkanlah dia. Berilah kehormatan untuknya

Bacaan Sholat Jenazah :

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الذُّنُوبِ والْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ، وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ، وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّار , وَافْسَحْ لَهُ فِي قَبْرِهِ، ونَوِّرْ لَهُ فِيهِ

Ya Yang Mahakuasa , ampuni dan rahmatilah dia. Selamatkanlah dan maafkanlah dia. Berilah kehormatan untuknya , luaskanlah daerah masuknya. Mandikanlah beliau dengan air , es , dan embun. Bersihkanlah beliau dari kesalahan sebagaimana Engkau bersihkan baju yang putih dari kotoran. Gantikanlah baginya rumah yang lebih baik dari rumahnya , isteri yang lebih baik dari isterinya. Masukkanlah beliau ke dalam surga , lindungilah dari azab kubur dan azab neraka. Lapangkanlah baginya dalam kuburnya dan terangilah beliau di dalamnya.

Doa di atas untuk mayit laki-laki adapun untuk mayit perempuan semua abjad HU (هُ) yang ada di selesai setiap kata di ganti menjadi (Ha)-(هَا). Sedangkan bila mayitnya dua orang baik laki-laki atau perempuan di ganti menjadi (HUMMA) , Jika banyak atau lebih dari tga di ganti menjadi (HUM) di baca Allohummaghfirlahum , warhamhum dan seterusnya.

Namun bila mayinya anak laki-laki atau anak perempuan maka doa yang di baca ialah :

اللّهُمَّ اجْعَلْهُ لِوَالِدَيْهِ فَرَطًا وَأَجْرًا وشَفِيعًا مُجَابًا‏

“Ya Yang Mahakuasa , jadikanlah beliau sebagai simpanan , pahala , dan sebagai syafaat yang mustajab untuk kedua orang tuanya.”

Setelah selesai membaca doa di atas di lanjut dengan takhbir lagi yang kemudia di lanjut membaca :

اَللَّهُمَّ لاَ تَحْرِمْناَ أَجْرَهُ وَلاَ تَفْتِنَا بَعْدَهُ وَاغْفِرْ لَناَ وَلَهُ

Allahumma laa tahrimnaa ajrahu wa laa taftinnaa ba’dahu waghfir lanaa wa lahu.

Artinya:
“Ya Yang Mahakuasa , janganlah kiranya pahalanya tidak hingga kepada kami (janganlah Engkau meluputkan kami akan pahalanya) , dan janganlah Engkau member kami fitnah sepeninggalnya , dan ampunilah kami dan dia.”

Doa ini sama dengan yang di atas dalam tata cara bacaannya yaitu lafadz hu di ganti. dan yang terakhir membaca salam yang kemudian membaca doa setelah shalat jenazah.

Mungkin itu saja pembahasan wacana bacaan sholat jenazah mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan semoga kalian bisa mengamalkannya dengan baik , dan jangan lupa bagi yang belum hafal , silahkan baca berulang kali semoga lebih cepat paham. bacaan sholat mayat perempuan laki laki lengkap pendek panjang dalam bahasa arab dan latin muhammadiyah , takbir ke 4 , doa setelah , memandikan.

Previous
Next Post »